Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Duka Ridwan Kamil untuk Arsitek Masjid Modern Achmad Noe'man

Kompas.com - 05/04/2016, 11:40 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com — Indonesia kehilangan salah satu arsitek terbaiknya. Arsitek kaliber internasional, Achmad Noe'man, tutup usia di RS Santo Borromeus Bandung, Senin (4/4/2016) kemarin.

Achmad Noe'man meninggal pada pukul 15.42 WIB.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil berduka dengan kepergian almarhum yang dikenal sebagai arsitek 1.000 masjid itu.

"Pak Achmad Noe'man adalah arsitek teladan yang mendedikasikan dirinya untuk desain-desain masjid. Banyak karyanya, dari Masjid Salman hingga masjid luar negeri," ucap Ridwan Kamil saat dihubungi Selasa (5/4/2016).

Pria yang akrab disapa Emil itu menjelaskan, almarhum merupakan salah satu pelopor konsep pembangunan masjid modern.

"Beliau meletakkan gagasan masjid modern, sering kali masjid itu berupa kubah, seperti Masjid Salman ITB yang tidak memiliki kubah," ucapnya.

Dia mengaku, sosok almarhum menjadi salah satu inspirasinya sewaktu dia meniti karier sebagai arsitek. Bahkan, Emil menyebut Achmad Noe'man adalah salah satu arsitek yang punya dedikasi besar dalam kemajuan rancang bangunan di Indonesia.

"Waktu masih jadi arsitek, sebelum jadi wali kota, saya pun selalu terinspirasi atas gagasan masjid modern tersebut," kata Emil.

"Saya sebagai wali kota turut berdukacita sedalam-dalamnya. Semoga gagasan dan inspirasi beliau  mendesain masjid menjadi bekal amal ibadah," kata Emil.

Achmad Noe'man merupakan salah satu arsitek kaliber dunia yang terkenal dengan kelihaiannya membangun masjid modern. Sejumlah karya terbaiknya telah dikenal di mancanegara, seperti mimbar Masjid Al Aqsa di Palestina, perancang Masjid Syekh Yusuf di Cape Town, Afrika Selatan, serta Masjid Muhammad Suharto di Sarajevo, Bosnia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com