Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ke Wasior, Jokowi Terbang dengan Heli

Kompas.com - 05/04/2016, 08:05 WIB

MANOKWARI, KOMPAS.com - Presiden RI Joko Widodo menaiki helikopter milik TNI Angkatan Udara menuju Pelabuhan Wasior di Kabupaten Teluk Wondama, Provinsi Papua Barat, Selasa (5/4/2016).

Jokowi akan meresmikan Pelabuhan Wasior di Kabupaten Teluk Wondama, Provinsi Papua Barat.

Presiden dan rombongan menggunakan helikopter Super Puma yang lepas landas dari Bandar Udara Rendani, Kecamatan Manokwari Selatan, Kabupaten Manokwari, menuju Pelabuhan Wasior.

Selanjutnya, Presiden Jokowi akan meresmikan Pelabuhan Wasior sebagai bagian dari program tol laut pemerintahannya.

Pelabuhan Wasior yang berada di Teluk Wondama, Papua Barat, dibangun untuk mendukung konektivitas sehingga dapat memenuhi kebutuhan sarana dan prasarana transportasi masyarakat Kabupaten Teluk Wondana, Papua Barat, guna menumbuhkan perekonomian dan menekan disparitas harga antardaerah.

Pelabuhan Wasior merupakan pelabuhan pengumpul dalam hierarki pelabuhan laut. Pembangunan fasilitas di pelabuhan Wasior meliputi dermaga seluas 174 x 10 meter persegi, Trestle I seluas 48 x 8 meter persegi, Trestle II seluas 47 x 8 meter persegi, Causeway I seluas 160 x 6 meter persegi, Causeway II seluas 127 x 8 meter persegi dan reklamasi 12.500 meter persegi.

Pelabuhan Wasior dapat disandari kapal hingga 3.500 DWT dengan faceline dermaga -10 mLWS.

Selain itu, terdapat pembangunan fasilitas darat seperti kantor, terminal penumpang, pos jaga, rumah pompa, genset, gudang seluas 15x40 meter persegi, dan lapangan penumpukan seluas 10.000 meter persegi.

Pelabuhan itu merupakan bagian dari proyek tol laut sebagai upaya pemerintah dalam menegaskan kembali Indonesia sebagai bangsa maritim dengan membangun transportasi laut sehingga sistem logistik antarpulau dan di dalam kepulauan tersebut dapat terhubungkan.

Program ini bertujuan untuk menghubungkan pelabuhan-pelabuhan besar yang ada di nusantara.

Kompas TV Jokowi: Perizinan di Indonesia Masih Menyulitkan
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com