Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan Terputus akibat Banjir, Siswa Menginap di Sekolah demi Ikut Ujian Nasional

Kompas.com - 04/04/2016, 12:17 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com - Setidaknya delapan siswa SMA di Kabupaten Bandung terpaksa menginap di sekolah selama mengikuti Ujian Nasional 2016. Hal itu dilakuka karena akses dari rumah menuju ke sekolah terputus akibat banjir.

"Itu sekolahnya ada di kawasan Baleendah, Kabupaten Bandung. Jadi kedelapan siswa itu terpaksa menginap di sekolah sampai beres UN. Mereka menginap sejak hari Minggu (3/4/2016)," kata Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat Asep Hilman seperti dikutip Antara, Senin (4/4/2016).

Hari ini Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan meninjau pelaksanaan UN di SMAN 20 Kota Bandung.

Asep yang mendampingi kunjungan itu menyatakan salut dengan perjuangan delapan siswa tersebut untuk mengikuti UN meskipun dilanda bencana alam.

Ia mengatakan, sejauh ini belum ada laporan sekolah yang terendam banjir. Asep yakin bahwa tidak akan ada kebocoran soal ujian nasional karena mekanisme dan pengawasannya sudah sangat ketat.

"Dengan kondisi sekarang kami proteksi sedemikian rupa, dengan UNBK kami percaya (pemerintah) pusat sudah ketat mengawasinya. Sekarang ini kan sistemnya bukan online tapi offline untuk UNBK, terkoneksi one by one," kata dia.

Berdasarkan data Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, jumlah siswa yang mengikuti UN 2016 pada hari ini sebanyak 538.404 siswa SMA, SMK, MA dan sederajat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com