Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemkot Jayapura Siapkan Rp 5 Juta untuk Urus Pemakaman Jenazah Tanpa Identitas

Kompas.com - 03/04/2016, 17:03 WIB
Fabio Maria Lopes Costa

Penulis

JAYAPURA, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Jayapura menyiapkan bantuan dana sebesar Rp 5 juta untuk mengurus pemakaman jenazah yang dinyatakan tanpa identitas.

Kepala Dinas Sosial Kota Jayapura Irawadi pada Minggu (3/4/2016) di Jayapura mengatakan, penggunaan dana tersebut meliputi pembelian peti mati, penggalian liang lahat, dan biaya ambulans untuk membawa jenazah ke tempat peristirahatan terakhir.

"Selain untuk jenazah tanpa identitas, kami juga memberikan bantuan bagi korban yang mengalami gangguan kejiwaan," kata Irawadi.

Ia menuturkan, Dinas Sosial melibatkan pihak kepolisian serta Dinas Kebersihan dan Pemakaman untuk penanganan jenazah tanpa identitas.

"Dalam dua bulan terakhir, kasus kematian di Kota Jayapura terus meningkat. Selain itu, banyak ditemukan jenazah tanpa identitas. Hingga kini, kami telah menangani sebanyak tiga jenazah tanpa identitas," ungkap Irawadi.

Ia menambahkan, bantuan ini akan diberikan apabila pihak kepolisian telah mengeluarkan pernyataan bahwa jenazah tersebut tidak memiliki identitas atau tidak ada kerabat yang mengakuinya.

"Saya berharap agar warga secara sadar dapat mengurus identitas diri secara lengkap supaya bisa mengantispasi terjadinya masalah jenazah tanpa identitas," tambah Irawadi.

(Fabio Maria Lopes Costa).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com