Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PLN Masih "Nunggak", Listrik di Nias Padam Dua Hari

Kompas.com - 03/04/2016, 07:33 WIB
Hendrik Yanto Halawa

Penulis

GUNUNGSITOLI, KOMPAS.com – Warga Kepulauan Nias, Sumatera Utara, terpaksa beraktivitas tanpa listrik sejak Jumat (1/4/2015) pukul 00.00 WIB. Pemadaman listrik terjadi karena PT PLN (Persero) belum melunasi tunggakan pembayaran kepada APR Energy selaku pemasok listrik.

Hingga Sabtu (2/4/2016) malam, warga terpaksa menggunakan lilin untuk penerangan di dalam rumah.

Pemadaman listrik juga berdampak pada pasokan air bersih dari perusahaan air minum setempat.

Kelurahan Ilir, Kota Gunungsitoli, warga kesulitan mendapatkan air bersih. Tetty, salah seorang ibu rumah tangga di Jalan Kelapa, mengatakan sulit mencuci atau memasak karena aliran air bersih juga mati.

"Bagaimana bisa padam lampu, padahal kami selalu membayarnya setiap bulan," kata dia.

Di Gang Setia, Kota Gunungsitoli, Rainal mengaku harus mengangkut air dari sumur tetangga akibat pemadaman listrik.

Ia mengatakan, selama ini listrik di daerahnya sering padam secara bergilir tanpa ada pemberitahuan. Hal itu mengakibat peralatan elektronik milik warga mengalami kerusakan.

"Saya tidak sanggup membeli genset. Kami pelanggan tidak tahu menahu permasalahan pemadaman, kenapa kami yang jadi sasaran," kata Rainal.

Terkait pemadaman listrik ini, sejumlah pimpinan daerah di Kepulauan Nias menggelar rapat membahas solusi dari pemadaman tersebut, Sabtu malam.

Pertemuan yang digelar di Pendopo Bupati Nias itu dipimpin oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Nias Firman Yanus Larosa.

"Pemadaman listrik ini harus disampaikan PT PLN Area Nias ke publik, terkait permasalahan yang ada," kata Firman.

Dalam pertemuan itu, para pimpinan daerah sepakat untuk mendesak PT PLN Area Nias dan pihak terkait untuk segera mengaktifkan kembali aliran listrik di Kepulauan Nias.

Manajer Area PT PLN Area nias Krisantus Hendro mengakui bahwa pemadaman terjadi sejak pukul Jumat dini hari.

"Pemadaman terjadi akibat PLN masih belum melunasi seluruh tunggakan kepada penyedia. PLN sudah membayar tunggakan sebesar Rp 25 miliar. Tinggal Rp 8 miliar yang belum karena masih belum lengkap berkasnya," kata dia.

Dari dua lokasi pembangkit listrik di Nias, yakni di Desa Moawo dan Dahana Idanoi, PT PLN Area Nias menggunakan mesin yang disewa dari APR Energy.

Sementara itu, Kepala Polres Nias Ajun Komisaris Besar Polisi Bazawato Zebua meminta warga untuk tetap sabar dan tenang serta tidak terprovokasi untuk melakukan tindakan anarkistis.

Aparat keamanan disiagakan untuk mengantisipasi keamanan akibat pemadaman listrik tersebut.

Catatan redaksi:

Pada Minggu (3/4/2016), PT PLN menyatakan bahwa seluruh tagihan kepada PLN dan telah diverifikasi telah dibayar. (Baca Tagihan Telah Dibayar, PLN Sediakan 17 Genset untuk Pasok Listrik di Nias)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com