Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Kepala Daerah yang Berani Tes Urine Diumumkan, 6 Pejabat Kabur Saat Tes

Kompas.com - 02/04/2016, 21:57 WIB
Fabio Maria Lopes Costa

Penulis

JAYAPURA, KOMPAS.com — Badan Narkotika Nasional Papua membeberkan daftar kepala daerah yang berani mengikuti tes urine, Kamis (31/3/2016).

Pemeriksaan urine di Aula Sasana Krida, Kantor Gubernur Papua, berlangsung sekitar pukul 10.00 WIT, di sela-sela kegiatan rapat kerja daerah (rakerda) semua pejabat dari 29 kabupaten kota di Papua yang berlangsung sejak tanggal 29 Maret 2016.  

Gubernur Papua Lukas Enembe bersama Sekretaris Daerah Heri Dosinaen turut dalam pemeriksaan urine. Total sebanyak 124 pejabat yang mengikuti pemeriksaan urine. Namun, hanya 118 pejabat yang memberikan sampel urine ke petugas Badan Narkotika Nasional (BNN). 

Enam pejabat lainnya tercatat kabur meninggalkan ruangan pemeriksaan.

(Baca juga: Sudah Diundang, 15 Bupati di Papua Mangkir dari Tes Urine BNN)

Kepala BNN Kombes Pol Jackson Lapalonga mengatakan, 14 kepala daerah yang mengikuti pemeriksaan urine berasal dari daerah Merauke, Tolikara, Kepulauan Yapen, Kota Jayapura, Waropen, Biak Numfor, Nduga, Puncak Jaya, Pegunungan Bintang, Yalimo, Mamberamo Tengah, Lanny Jaya, Asmat, dan Puncak.

"Dari 29 kabupaten kota di Papua, hanya 14 kepala daerah yang mengikuti tes urine. Masyarakat bisa menyimpulkan sendiri kepala daerah yang tak mengikuti tes urine berdasarkan data ini," kata Jackson di Jayapura pada Sabtu (2/4/2016).

Dia pun menyayangkan ketidakhadiran belasan kepala daerah dalam pemeriksaan urine.

"Kegiatan ini telah disampaikan kepada Gubernur dalam rakerda. Beliau sangat antusias dengan pelaksanaan tes urine. Akan tetapi, masih ada belasan kepala daerah yang tak hadir dalam tes urine," kata Jackson.

Jackson menambahkan, seharusnya belasan kepala daerah tersebut mengikuti seruan Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Luhut Binsar Pandjaitan bahwa pejabat publik jangan takut menghadapi tes urine dalam kunjungannya ke Jayapura pada Selasa kemarin.

"Saya telah menyerahkan daftar nama 15 kepala daerah ke gubernur. Beliau yang akan menindaklanjuti hasil temuan kami," ujarnya.

Kepala Biro Pemerintahan Pemprov Papua Sendius Wonda ketika dikonfirmasi mengaku telah mengetahui informasi tersebut. Namun, Sendius mengatakan, pihaknya tak dapat mengambil tindakan sebab keikutsertaan dalam pemeriksaan urine merupakan hak pribadi kepala daerah yang bersangkutan.

"Kemungkinan mereka capek karena telah mengikuti rakerda selama tiga hari terakhir," tutur Sendius.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com