Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sirkuit BMX Terbaik Se-Indonesia Ada di Banyuwangi

Kompas.com - 31/03/2016, 11:45 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Sirkuit sepeda BMX  di Desa Kedungrejo Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi diklaim sebagai sirkuit BMX terbaik di Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Sepeda Sport Indonesia Raja Sapta Oktohari.

"Sirkuit BMX yang ada di Banyuwangi dibangun sesuai standar internasional dari Persatuan Balap Sepeda Internasional diantaranya kemiringan lintasan, tinggi tanjakan serta panjangnya," ucap Raja Sapta Oktohari kepada Kompas.com,  Rabu (30/3/2016).

Saat ini, menurut dia, hanya ada 3 sirkuit BMX di Indonesia yaitu di Siak, Yogyakarta, dan yang paling baru ada di Banyuwangi. Karena sirkuit BMX di Banyuwangi satu-satunya yang memiliki standar internasional, maka pelatihan nasional BMX yang akan di gelar PB ISSI akan dipusatkan di Banyuwangi.

Sementara itu Mujiono, Kepala Pekerjaan Umum Cipta Karya Banyuwangi kepada Kompas.com Kamis (31/3/2016) menjelaskan, pembangunan sirkuit BMX milik pemerintah Kabupaten Banyuwangi tersebut memakan dana hingga Rp 2 miliar.

Sirkuit yang dibangun pada tahun 2015 in mempunyai luas lahan mencapai 2 hektar.

Sejak awal pembangunan, menurut Mujiono pihaknya berkonsultasi dengan pihak Persatuan Balap Sepeda Internasional (Union Cycliste Internationale/UCI).

Sirkuit tersebut juga telah digunakan saat Porprov V tahun 2015 saat Banyuwangi menjadi tuan rumah.

"Ada perhitungan khusus saat membuat karena berpengaruh pada keselamatan dan kenyamanan atlet saat bertanding," kata dia.

Sirkuit BMX tersebut memiliki lintasan sepanjang 350 meter dengan lebar yang berbeda, 10 meter untuk single dan 12 meter untuk double. Lintasan tersebut memiliki 17 tanjakan (jumping) dengan ketinggian yang bervariasi, mulai 0,5 meter hingga 2,25 meter, dengan sudut kemiringan 75 derajat.

Pada awal April 2016, di sirkuit tersebut juga akan digelar perhelatan kejuaraan BMX Internasional C1 Race.

Untuk melengkapi infrastruktur kegiatan tersebut, Dinas PU Cipta Karya Banyuwangi sudah melakukan penataan lanskap dengan penanaman rumput di tepi lintasan sirkuit untuk pengamanan.

"Kami juga sudah melakukan pavingisasi, pembuatan tribun, toilet, lampu penerangan serta ruang meeting dan ruang penempatan material sepeda," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com