Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

58 Kasus DBD dalam Tiga Bulan Terakhir di Lhokseumawe

Kompas.com - 30/03/2016, 17:03 WIB
Masriadi

Penulis

LHOKSEUMAWE, KOMPAS.om – Sepanjang Januari hingga Maret 2016, tercatat ada 58 kasus demam berdarah dengue (DBD) di Kota Lhokseumawe, Aceh. Dinas Kesehatan Kota Lhokseumawe menyatakan kota itu masuk dalam kategori endemis DBD.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Lhokseumawe Herliza, Rabu (30/3/2016) menyebutkan, sejak tiga tahun terakhir, kasus DBD tidak pernah lepas dari kota tersebut.

"Daerah Kota Lhokseumawe memang termasuk daerah endemis DBD karena sejak tiga tahun berturut-turut ditemukan penyakit tersebut. Meski begitu, belum dikategorikan dalam kasus luar biasa (KLB)," ujar Herliza.

Dia mengatakan, kasus yang paling banyak ditemukan ada di Kecamatan Banda Sakti, Muara Dua, dan Muara Satu. Yang paling sedikit adalah Kecamatan Blang Mangat.

Maraknya kasus tersebut disebabkan kepadatan penduduk dan kebiasaan tidak melakukan gaya hidup bersih.

"Masyarakat harus membudayakan gaya hidup bersih dan mengantisipasi adanya tempat-tempat tergenang air," kata Herliza.

Dia mengimbau kepada masyarakat, apabila mengalami gejala DBD, seperti demam tinggi dan sakit di bagian persendian tulang, maka segera berobat ke puskesmas terdekat atau tempat pelayanan kesehatan lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com