Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Risma: Kota Modern Harus Berorientasi pada Ketahanan Pangan Warganya

Kompas.com - 30/03/2016, 12:48 WIB
Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA,  KOMPAS.com - Walikota Surabaya Tri Rismaharini akan membawa isu ketahanan pangan dalam konferensi lingkungan tingkat dunia atau Preparatory Committee (PrepCom) III UN Habitat di Surabaya, Juli mendatang.

Isu ketahanan pangan kata Risma menjadi relevan untuk dibahas sebagai dampak semakin banyaknya sebaran warga yang hidup di perkotaan daripada di pedesaan.

"Jadi jangan hanya membahas isu lingkungan dan tata kota saja, isu ketahanan pangan saat ini juga sudah menjadi isu dunia yang banyak dibahas di forum-forum lingkungan tingkat dunia," kata Risma, Rabu (30/3/2016).

Suatu kota menurut Risma tidak dapat bertahan hidup sendiri. Kota harus terintegrasi dengan daerah-daerah lain di sekitarnya. Hal ini dikarenakan semakin lama semakin banyak orang yang tinggal di kota dibanding di desa.

"Kota yang modern, sebenarnya harus berorientasi pada faktor ketahanan pangan bagi warganya," ujar Risma.

Selain soal ketahanan pangan, walikota perempuan pertama Surabaya itu juga mengusulkan pentingnya prinsip kearifan lokal dalam tata kehidupan perkotaan. 

"Dalam hal ini, bagaimana warga kota bisa turut berpartisipasi dalam pembangunan perkotaan melalui cara dan kebudayaannya sendiri," tutur Risma.

Dia mencontohkan, jumlah sampah yang masuk ke tempat pembuangan akhir (TPA) Surabaya menurun. Padahal, jumlah penduduk terus naik. Ternyata penyebabnya adalah tingkat partisipasi masyarakat, baik melalui kader lingkungan maupun kesadaran mengolah sampah di tingkat kampung, sehingga sampah yang ke TPA berkurang. 

“Kearifan lokal berupa kekompakan warga mengolah sampah ini bisa dikembangkan untuk menyelesaikan masalah perkotaan saat ini,” terangnya. 

Dua usulan tersebut sudah disampaikan Risma dalam rapat persiapan materi konferensi bersama beberapa pakar lingkungan dan Kementerian PU di Surabaya beberapa waktu lalu. 

Kota Surabaya ditunjuk menjadi tuan rumah PrepCom III UN Habitat, sebuah konferensi internasional 20 tahunan yang membahas isu lingkungan dan tata kota. Konferensi akan dihadiri perwakilan dari 139 negara-negara di dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com