Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dorinus-Yakobus Unggul Telak dalam Pencoblosan Ulang di Mamberamo Raya

Kompas.com - 29/03/2016, 12:27 WIB
Fabio Maria Lopes Costa

Penulis

JAYAPURA, KOMPAS.com - Kandidat Bupati Dorinus Dasidapa beserta wakilnya Yakobus Britay unggul telak dalam hasil rekapitulasi pemunggutan suara ulang untuk 10 TPS di Kabupaten Mamberamo Raya, Papua. Pencoblosan ulang dilaksanakan pada 23 Maret 2016.

Sepuluh TPS yang menggelar pemunggutan suara ulang terletak di lima kampung, yakni Biri, Wakeyadi, Fona, Bareri, dan Tayai.

Dari data Komisi Pemilihan Umum Provinsi Papua, calon nomor urut tiga itu mendapatkan 1.359 suara. Mereka mampu meraih sebanyak 325 suara di Distrik Mamberamo Tengah Timur dan 1.034 suara di Distrik Rufaer.

Adapun kandidat nomor urut dua, yakni Demianus Kyeuw Kyeuw dan Adiryanus Manemi, memperoleh 10 suara. Calon nomor urut satu, Robby Wilson Rumansara dan Yahya Fruaro, tak mendapatkan suara sama sekali.

Ketua KPU Provinsi Papua Adam Arisoy saat ditemui di Jayapura, Selasa (29/3/2016) mengatakan, rekapitulasi pemungutan suara ulang di 10 TPS di Mamberamo Raya bukanlah hasil final. KPU masih menggelar rekapitulasi di tingkat kabupaten.

"Dua anggota KPU Papua akan mendampingi proses rekapitulasi di tingkat kabupaten. Setelah tahapan tersebut, barulah diketahui kandidat yang meraih suara terbanyak dalam pilkada di Mamberamo Raya," kata Adam.

Ia menambahkan, hasil rekapitulasi di tingkat kabupaten diserahkan ke Mahkamah Konstitusi pada 31 Maret mendatang.

"Sesuai jadwal hasil rekapitulasi harus diserahkan pada tanggal tersebut. Apabila ada pihak yang setuju dengan hasil ini maka dipersilahkan mengajukan sikap dengan batas waktu selama tiga hari," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com