Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paskah di Jayapura Berlangsung Aman

Kompas.com - 27/03/2016, 17:49 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAYAPURA, KOMPAs.com - Perayaan Paskah 2016 di Jayapura, Papua, berlangsung aman, dan damai.

Sebagian besar masyarakat kota ini mengikuti ibadah misa di gereja-gereja seperti Gereja Kristen Injili (GKI) Peniel, GKI Siloam Weina, atau gereja St Petrus dan Paulus.

Suasana kota terpantau lengang sejak pukul 06.00 WIT hingga pukul 12.00 WIT. Pusat perbelanjaan, pasar tradisional, maupun tempat-tempat hiburan dan perdagangan lainnya ditutup untuk umum.

"Perayaan Paskah tahun ini sama seperti tahun lalu, berlangsung aman, damai, dan tertib. Semua ummat Kristiani dan Katholik melaksanakan ibadah di gereja dengan khusyuk," ujar Sigit PA Sarwanto, kepada Kompas.com, Minggu (27/3/2016). 

Sigit PA Sarwanto Suasana kota Jayapura saat misa kedua Paskah pada Minggu (27/3/2016) berlangsung sepi. Aktivitas kembali normal pada pukul 13.00 WIT.
Sigit yang berdinas di Hypermart Jayapura mengaku, suasana damai dan relijius sangat terasa saat ibadah misa. Demikian halnya ketika ibadah misa kedua selesai. 

"Toleransi terjaga di sini," kata dia.

Aktivitas kembali normal, saat ibadah perayaan Paskah selesai. Warga pun menjalankan kegiatannnya seperti sedia kala.

Sebagian ada yang menuju Mal Jayapura, untuk merayakan Paskah bersama keluarga, ada pula yang makan bersama di plaza-plaza kecil, macam Plaza Gelael yang dibuka kembali untuk umum pada pukul 13.00 WIT.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com