Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ganjar: Saya Sudah Diurus Negara

Kompas.com - 24/03/2016, 07:50 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

WONOSOBO, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyebutkan, dirinya memarahi seorang kepala desa di Kabupaten Wonosobo terkait rencana kunjungan dirinya, Kamis (24/3/2016) ini. Ganjar marah lantaran sang kepala desa menawarkan apa jamuan yang hendak dipersiapkan ketika ia berkunjung.

"Saya ancam kadesnya, saya bilang, "jangan siapin apapun". Saya ancem. Saya ingin kehadiran saya biasa saja," kata Ganjar saat 'ngopi' bersama kepala desa di Pendopo Bupati Wonosobo, Rabu (23/3/2016) malam.

Menurut Ganjar, para pejabat negara sudah tidak sepatutnya merepotkan atau meminta perjamuan lebih dari tempat yang didatanginya. Hal itu karena zaman sudah berbeda, sehingga tidak terus minta pelayanan.

Ketika datang di Pendopo, Ganjar juga mengungkapkan alasannya mengapa ia juga tidak bersedia makan. Hal tersebut kata dia agar pihak yang menunggu tidak merasa direpotkan.

"Saya tadi datang enggak mau makan, karena saya enggak ingin merepotkan. Saya juga sudah diurus negara," kata pria 47 tahun ini.

Kendati demikian, karena segala makanan telah disediakan, akhirnya jamuan dicicipi. "Tadi sore disiapkan durian, terpaksa makan sedikit karena ingin menghormati," tambahnya.

Selain soal layanan, para pejabat juga dilarang menerima gratifikasi. Hal demikian karena segala kebutuhan kepala daerah telah difasilitasi oleh negara.

"Saya sampaikan ke KPK apapun yang diberikan ke saya. Buah pun saya sampaikan, sampai buahnya busuk karena jawabannya dua bulan," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com