Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Siap Amankan Perayaan Semana Santa di Flores Timur

Kompas.com - 20/03/2016, 12:11 WIB
Sigiranus Marutho Bere

Penulis

KUPANG, KOMPAS.com - Sebanyak 219 personil anggota Kepolisian Resor Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), siap mengamankan perayaan Prosesi Semana Santa di Kota Larantuka.

Kepala Bidang Humas Kepolisian Daerah NTT, AKBP Jules Abraham Abast kepada Kompas.com, Minggu (20/3/2016) mengatakan, selain dari Polres setempat, pengamanan juga akan dibantu oleh TNI dan sejumlah pihak.

"Untuk personel Polres Flores Timur sendiri 219 orang, Kodim 1624 Flores Timur 30 orang, BKO Brimob Maumere 30 orang, tim penjinak bom dua regu, Satpol PP 101 orang, Dinas perhubungan 67 orang, pemuda katholik 200 orang, remaja masjid 50 orang , pemuda GMIT 20 orang, pemuda Hindu 20 orang,"jelasnya.

Sementara itu lanjut Jules,  seluruh personil yang akan terlibat operasi selama perayaan Samana Santa yakni 1.000 personil yang berasal dari Polda 150 orang dan Polda NTT dan 850 personil dari Polres dari 16 Kabupaten dan Kota.

"Namun Polres-Polres biasanya tidak hanya 850 personil tetapi sesuai kebutuhan. Contohnya Polres Flores Timur pasti bukan hanya 90 personil yang dilibatkan operasi selama Samana santa. Begitu juga Polres Kupang Kota, pasti bukan hanya 50 atau 60 personil tetapi kalau tidak salah sampai 500 personil. Jadi 850 personil (untuk 16 Polres) hanya yang terdukung anggaran. Sedangkan personil Polres diatur oleh masing-masing Kapolres,"jelasnya.

Artinya kata Jules, dari 850 personil untuk 16 Polres di NTT, berkisar 50 atau 60 personil tiap Polres. Kecuali Flores Timur 90 personil. Namun Polres dalam pengamanan sesuai kebutuhan.

Disamping pengamanan di darat kata Jules, pihak kepolisian juga melibatkan Polisi Perairan untuk pengamanan saat dilakukan prosesi laut.

Untuk diketahui, Prosesi Semana Santa akan berlangsung pada Jumat, 25 Maret 2016 mendatang.

Tradisi yang sudah digelar sejak 500 tahun lalu oleh umat katolik di Flores Timur itu
merupakan sebuah tradisi sakral untuk memperingati wafat Yesus kristus. Pemerintah setempat telah menjadikannya sebagai obyek wisata rohani yang diagendakan setiap tahun.(K57-12)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com