Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Tobasa Temukan Satwa Liar Kambing Hutan

Kompas.com - 19/03/2016, 15:16 WIB
Kontributor Pematangsiantar, Tigor Munthe

Penulis

TOBA SAMOSIR, KOMPAS.com - Seekor kambing hutan (Capricornis sumatraensis) ditemukan warga  terjerat di kebun kopi milik Johari Manurung, Desa Jangga Dolok, Kecamatan Lumban Julu, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara, Jumat (18/3/2016).

Binatang langka berjenis kelamin jantan itu diperkirakan masih muda. Tanduknya masih lunak dengan panjang masih sekitar 5 sentimeter.

Kambing muda terkena jerat yang dipasang Johari untuk menjerat babi hutan, yang sudah sering mengganggu tanamannya.

Saat Johari hendak melepaskan anak kambing hutan tersebut, induknya terlihat menemani anaknya, tetapi kemudian lari ke hutan.

Melalui Budi Agung Manurung, Johari melaporkan ke Kesatuan Pengelolaan Hutan Lindung (KPHL) Lintas Tobasa-Labura dan ditanggapi langsung oleh Kepala KPHL Leo Sitorus.

Leo menuju lokasi dan menemukan anak kambing hutan tersebut dalam keadaan hidup terikat. Kondisi kambing hutan masih sehat dan tidak ada luka di sekitar tubuhnya.

"Kami mengapresiasi tindakan warga dan berterima kasih atas perlakuan yang diberikan warga terhadap kambing hutan. Ini membuktikan masyarakat semakin sadar akan pentingnya pelestarian satwa liar yang dilindungi," kata Leo.

Leo mengimbau kepada warga agar ketika menemukan binatang langka terjerat, segera berkoordinasi dengan pihak yang terkait agar satwa langka tersebut bisa lestari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com