Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wartawan Daftar Jadi Bakal Calon Wakil Wali Kota Kupang lewat Partai Nasdem

Kompas.com - 18/03/2016, 21:26 WIB
Sigiranus Marutho Bere

Penulis

KUPANG, KOMPAS.com - Wartawan media online di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Yohanes Rihi Gah alias Joey, mendaftarkan diri sebagai bakal calon wakil wali kota Kupang di Sekretariat DPW Partai Nasional Demokrat (Nasdem) NTT.

Pemimpin Redaksi Seputarntt.com tersebut datang bersama puluhan wartawan media cetak, elektronik, dan online sambil mengenakan pakaian adat khas NTT, Jumat (18/3/2016).

Kedatangan Joey dan sejumlah tim sukses yang juga wartawan media lokal NTT diterima oleh Ketua Harian Partai Nasdem NTT Hendra Wong dan sejumlah fungsionaris Nasdem NTT.

Joey mengatakan, motivasi utama dirinya mendaftar sebagai calon wakil waki kota adalah agar bisa masuk dalam sebuah sistem dan bisa menghasilkan produk-produk dan regulasi yang berpihak pada rakyat.

"Kita sebagai wartawan yang disebut sebagai anjing penjaga yang sering menulis tentang persoalan yang berulang di Kota Kupang. Kita jangan hanya menggonggong dari kegelapan malam," kata Joey.

Menurut dia, ketika Nasdem membuka kesempatan kepada warga untuk maju sebagai calon kepala daerah tanpa mahar politik, hal itu akan memberikan dampak positif bagi para calon karena tidak akan terbebani ketika nanti terpilih.

"Kita memang mendaftar ke Partai Nasdem bukan karena gratis. Akan tetapi, kita ingin memberikan pendidikan politik kepada partai politik yang lain agar memberikan kesempatan luas kepada masyarat yang punya kapasitas untuk bisa berpartisipasi sebagai calon pemimpin Kota Kupang mendatang," katanya.

Ketua Harian Partai Nasdem NTT Hendra Wong mengatakan, semua berkas Joey telah dinyatakan telah lengkap. Pihaknya akan segera mengadakan penandatangan berita acara penyerahan berkas.

"DPW Partai Nasdem NTT akan melakukan verifikasi terhadap semua berkas calon yang telah mendaftar, termasuk juga saudara Joey Rihi Gah. Selanjutnya kami akan bawa semuanya ke DPP. Di sana sudah ada tim tujuh yang akan mengadakan survei yang tentunya tidak akan diintervensi oleh pihak mana pun. Setelah itu baru dilakukan penetapan calon," kata dia.

Partai Nasdem membuka kesempatan kepada siapa saja, termasuk wartawan, untuk mengajukan diri sebagai bakal calon kepala daerah. Kehadiran Joey dianggap memberikan warna baru dalam percaturan politik di Kota Kupang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com