Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa 4,8 SR di Nias Barat Terasa hingga Gunungsitoli

Kompas.com - 17/03/2016, 22:47 WIB
Hendrik Yanto Halawa

Penulis

GUNUNGSITOLI, KOMPAS.com — Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara, digoyang gempa berkekuatan 4,8 skala Richter, Kamis (17/3/2016) pukul 21.00 WIB.

Gempa terjadi di lepas pantai barat Nias Barat, Kepulauan Nias, Sumatera Utara, tepatnya di 0,97 derajat Lintang Utara dan 97,30 derajat Bujur Timur dengan kedalaman 21 km.


Gempa tersebut sempat mengagetkan warga, termasuk di Kota Teluk Dalam, Nias Selatan.

"Sempat terkejut dan heran, ini gempa atau saya yang pusing," kata Daniel, warga setempat, saat dihubungi melalui telepon, Kamis malam.

Namun, tidak ada kepanikan dari warga mungkin karena terasanya tidak begitu kentara, tambahnya.

Gempa juga dirasakan warga Kota Gunungsitoli. Seorang warga bernama Tetty Pane merasa terkejut dengan getaran yang ia rasakan.

"Kaget kenapa tiba-tiba goyang," kata Tetty saat dihubungi melalui telepon seluler.

Ia mengatakan, warga lain juga merasakan hal serupa, tetapi tidak bereaksi panik. Warga juga tidak berbondong-bondong keluar rumah.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan, gempa itu tidak memicu tsunami. Meski demikian, warga tetap diminta waspada terhadap gempa susulan.

"Kami selalu imbau masyarakat untuk tetap waspada, jangan panik dan tetap mendapatkan informasi dari instansi pemerintah," kata Kepala Stasiun BMKG Kelas III Gunungsitoli Gandamana Matondang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com