Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diusulkan, Jembatan Penyeberangan Banyuwangi-Bali

Kompas.com - 17/03/2016, 09:07 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Untuk mengurai kemacetan yang sering terjadi di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, menuju Bali, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengusulkan pembangunan jembatan penyeberangan yang menghubungkan Banyuwangi dan Bali.

"Kalau boleh saya usul buat jembatan saja agar perekonomiam masyarakat tidak terganggu karena seringnya macet yang terjadi di pelabuhan Ketapang. Tapi ya memang butuh kajian yang mendalam dari dua daerah apalagi dana yang dibutuhkan pasti besar," ucap Anas, Kamis (17/3/2016).

Dia menyayangkan kemacetan yang sering terjadi jika ada penumpukan kendaraan karena hari raya, kapal yang tidak beroperasi atau cuaca buruk serta saat libur panjang.

"Seperti sekarang kemacetan karena ada perubahan sistem pasca kapal Rafelia II tenggelam yang berbarengan dengan libur Hari Raya Nyepi sehinggga banyak dikeluhkan oleh masyarakat," ungkapnya.

Dia mengaku sudah melaporkan kemacetan yang terjadi selama seminggu terakhir ini ke Gubernur Jawa Timur dan juga Menteri Perhubungan, termasuk usul pembangunan jembatan yang menghubungkan Banyuwangi Bali.

"Saya yakin jika jembatan tersebut jadi maka perekonomian dua daerah semakin membaik termasuk mendorong perkembangan industri dan pariwisata dua wilayah," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com