Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bawa Bendera GAM di Vespa, Pemuda Berambut Gimbal Ditangkap

Kompas.com - 16/03/2016, 12:43 WIB
EMPAT LAWANG, KOMPAS.com — Dayat bin Marno (24), warga asal Bogor dan rekannya, Dudi bin Aji Rahmat (20), warga Banten, ditangkap lantaran membawa bendera Gerakan Aceh Merdeka (GAM).

Hal itu diketahui saat keduanya, salah satunya berambut gimbal, melintas di Jalinteng Sumatera, Kecamatan Saling, Kabupaten Empat Lawang, Sumatera Selatan, Selasa (15/3/2016).

Saat ditangkap di perjalanan, kedua pria ini dalam perjalanan dari Lhokseumawe, Aceh, hendak pulang ke rumah masing-masing.

Menurut Dayat, dia dan Dudi mengendarai motor Vespa modifikasi dengan memasang bendera GAM yang diperoleh dari salah seorang pemilik usaha tambal ban di Lhokseumawe, Aceh.

"Kami dikasih orang pemilik tambal ban di Lhokseumawe," ungkap Dayat saat berbincang dengan Sripoku.com, Selasa (15/3/2016).

Keduanya mengaku tidak tahu bahwa bendera yang diberikan oleh pemilik usaha tambal ban itu merupakan bendera GAM.

"Kami kira itu bendera biasa," ungkapnya.

Kapolres Empat Lawang AKBP Rantau Inur Eka mengatakan, keduanya masih diperiksa terkait tujuan membawa bendera ini.

"Mereka masih kami dalami apa tujuan dan maksud mereka membawa bendera ini di perjalanan," kata Rantau.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, saat dirazia, petugas melihat bendera GAM dilipat kecil dan disimpan di dalam boks motor.

Razia Operasi Simpatik yang digelar di Polres Empat Lawang dilakukan di tiga titik di Kabupaten Empat Lawang. Titik pertama wilayah Lintangkanan, Muarapinang, dan Tebingtinggi. Titik kedua di wilayah Kecamatan Pendopo. Adapun titik ketiga di wilayah Paiker, Ulumusi, dan Sikapdalam, Kabupaten Empat Lawang.

Hasilnya, Polres Empat Lawang mengamankan 4 kendaraan roda empat, 2 sepeda motor bodong atau tidak memiliki kelengkapan surat, mengeluarkan tilang STNK untuk 13 orang, serta tilang SIM 16 orang.

Berita ini telah tayang di Sriwijaya Post, Rabu (16/3/2016), dengan judul: Anak Punk Kedapatan Bawa Bendera Gerakan Aceh Merdeka

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com