Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

RSUD Baubau Gratiskan Biaya Obat Balita Penderita Gizi Buruk

Kompas.com - 15/03/2016, 22:46 WIB
Defriatno Neke

Penulis

BAUBAU, KOMPAS.com – Ismail (49) orangtua penderita gizi buruk Satrio (5), mengaku lega karena Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, membebaskan biaya obat kepada anaknya.

Menurut dia hal tersebut sangat meringankan beban keluarganya.

“Kami berterimakasih kepada rumah sakit yang telah membebaskan biaya obat kepada anak kami, Satrio yang sementara dirawat sekarang. Kalau tidak, kami kebingungan membayai pengobatan anak kami,” kata Ismail, Selasa (15/3/2016).

Selama ini, ia bersama keluarganya di Wakatobi patungan membayar biaya obat anaknya. Selain itu, Ia juga menerima bantuan yang datang dengan sukarela dari beberapa pihak seperti perbankan dan mahasiswa.

“Ada beberapa yang datang membantu, dari bank ada, dan juga ada dari mahasiswa asal Wakatobi yang kuliah di sini juga dari mahasiswa daerah lainnya,” ujarnya.

Sampai saat ini kondisi Satrio, masih mendapatkan perawatan dari pihak rumah sakit.

Ismail mengatakan, anaknya beberapa hari ini sempat mengalami demam.

Di tempat yang sama, Humas RSUD Kota Baubau, Muhamad Al Arsan Jaya, mengatakan, pihak rumah sakit memang menggratiskan biaya obat kepada penderita gizi buruk.

“Ini juga merupakan bagian dari program rumah sakit terhadap keluarga yang tidak mampu. Namun harus ada surat Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) yang diberikan dari keluarga,” ucap Arsan.

Arsan mengaku telah mendapatkan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) yang diberikan langsung orangtua Satrio.

Menurut dia, selain menyerahkan SKTM, orangtua Satrio juga harus menyerahkan beberapa surat lainnya.

“Kemarin orangtua Satrio juga memberikan surat SKTM, tapi karena kesalahan nama, jadi suratnya di urus kembali. Tapi sekarang sudah di perbaiki dan sudah diberikan kepada kami. Ini bebas biaya pengobatan yang ada di apotek rumah sakit saja,” tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com