Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Ngefans" Rhoma Irama, Dokter Ini Udarakan Radio Soneta dari Ruang Praktik

Kompas.com - 15/03/2016, 11:57 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Seorang laki laki menggunakan kaos putih dan berkacamata tengah mengoperasikan komputer di sebuah ruangan kecil.

Tidak begitu lama, suara raja dangdut Rhoma Irama mengalun dari ruang kecil yang berada di Jalan Makmur No 9 Dusun Sawah Desa Genteng Kulon, Kecamatan Genteng, Kabupaten Banyuwangi.

Tidak ada yang menyangka jika ruangan tersebut adalah ruang praktik dokter Handri Irawan (39). Selain berprofesi sebagai dokter, dia yang adalah Ketua Fans Rhoma dan Soneta Banyuwangi.

Seperti ruang periksa kebanyakan, ada tempat tidur, kursi serta meja untuk konsultasi. Yang membedakan adalah seperangkat komputer, mixer, serta dua mikrofon dan headphone di sudut ruangan.

Kepada Kompas.com, lelaki kelahiran 18 Oktober 1977 bercerita bahwa dia mendirikan radio streaming Suara Soneta sejak 28 Juni 2011. Saat ini, dia memiliki sekitar 600 koleksi pribadi lagu Rhoma Irama.

"Biasanya saya mulai siaran jam 4 sore saat praktik dan lagu-lagu akan diputar sampai jam 7 pagi. Kalau lagi senggang saya sapa pendengar biasanya komunikasinya lewat Facebook Suarasoneta Radiostreaming," ungkap Handri.

Tidak tanggung-tanggung, aplikasi radio streaming yang dia kelola bisa diunduh dari aplikasi Android.

"Tinggal klik bisa mendengarkan lagu 100 persen Bang Rhoma yang original lewat smartphone," katanya sambil tertawa.

Dia juga mempunyai nama sapaan dari pendengar, yaitu Handri Irama, dan sering berbagi info kesehatan kepada pendengarnya di sela pekerjaannya sebagai dokter.

"Tertular"

Dokter Handri mengaku sejak kecil sudah akrab dengan lagu-lagu dangdut yang dinyanyikan Rhoma Irama karena ibunya sering bersenandung.

Menurut dia, suara ibunya sangat mirip dengan Elvi Sukaisih, rekan duet Rhoma Irama. Kecintaannya pada musik dangdut juga dipengaruhi pamannya yang juga adalah penyanyi dangdut.

"Saat kecil, ibu saya suka nyanyi lagu-lagunya Elvi Sukaesih. Pak De saya yang penyanyi dangdut juga sering ngajak saya manggung," kenang lelaki lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Muhamadiyah Malang tersebut.

Dia juga menilai, lagu Rhoma Irama memiliki kekuatan pada liriknya. Dia pun mulai mengkoleksi kaset milik Rhoma Irama sejak tahun 2006. Bukan hanya kaset dalam bentuk pita, tetapi juga rekaman lagu dalam bentuk piringan hitam.

Saat ini, ratusan koleksi kaset pita serta puluhan piringan hitam disusun di rak khusus di bagian rumahnya, termasuk pula koleksi 24 film yang dimainkan Bang Haji Rhoma Irama.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com