Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serah Terima Jabatan Kapolda Sumut dengan Ritual Tabur Beras "Sipiri Ni Tondi"

Kompas.com - 14/03/2016, 10:27 WIB
Kontributor Medan, Mei Leandha

Penulis

MEDAN, KOMPAS.com - Sematan ulos, kalung bunga dan taburan boras (beras) "Sipiri Ni Tondi" menjadi pertanda sahnya Irjen Pol Raden Budi Winarso menjadi orang nomor satu di Kepolisian Sumatera Utara.

Diiringi tarian suku Batak, Karo dan Melayu, Wakapolda Sumut Brigjen Adi Pranoto, para pejabat tinggi di Polda Sumut, Kapolres sejajarannya, dan para mitra mengucapan selamat kepada Kapolda Sumut yang baru dan istrinya, Senin (14/3/2016).

Winarso menggantikan Irjen Pol Ngadino dalam acara serah terima jabatan di Mabes Polri beberapa waktu lalu. Penetapan jabatannya tertuang dalam Surat Telegram Kapolri Nomor: ST/476/II/2016 Tanggal 28 Februari 2016 yang ditandatangani Asisten SDM Kapolri Irjen Pol Sabar Rahardjo.

Irjen Pol Winarso adalah lulusan Akpol 1982 seangkatan dengan Kapolri Jenderal Badrodin Haiti. Jabatan yang pernah didapuknya adalah menjadi kapolres Jakarta Timur menggantikan Kombes Pol Muhammad Idrus Gassing.

Dia juga pernah menjabat sebagai Sesdit Sabhara Polda Metro Jaya. Kemudian dimutasi dari Direktur Samapta Polda Metro Jaya menjadi Karo Ops Polda Metro Jaya. Lalu menjabat Wakapolda Lampung.

Pada 12 Februari 2009, Winarso resmi naik pangkat dari Kombes ke Brigjen bersama 17 pati lainnya. Jabatannya menjadi Direktur Samapta Babinkam SDEOPS Polri.

Pada 5 Mei 2010 dia menggantikan Wakapolda Jawa Barat Brigjen Pol Didik Tatok Prijandiono. Lalu pada 29 September 2010, Winarso menjabat kapolda Kepri menggantikan Brigjen Pol Pudji Hartanto yang dimutasi sebagai staf ahli Kapolri.

Posisi Wakapolda Jawa Barat sepeninggal Winarso diisi Direktur III tindak pidana korupsi dan WCC Bareskrim Polri Brigjen Pol Yovianes Mahar.

Lanjut pada 23 April 2012, Winarso ditarik ke Jakarta menjadi Karo Jianbang Lemdikpol menggantikan Brigjen Yotje Mende, mantan kapolda Papua.

Pada 12 Juni 2015 dia mendapat promosi ke jabatan strategis menjadi Kadiv Propam Polri menggantikan Komjen Syafrudin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com