Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanah Longsor di Sukabumi Nyaris Renggut Satu Keluarga

Kompas.com - 10/03/2016, 17:35 WIB
Budiyanto

Penulis

SUKABUMI, KOMPAS.com - Tanah longsor menimpa dua rumah di Kampung Pancalikan RT 2 RW 15, Desa Sekarwangi, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi.

Bencana tanah longsor yang terjadi Rabu (9/3/2016) sore itu menggerus bagian belakang kedua rumah yang terletak di pinggiran Sungai Cibatu. Bahkan longsor itu nyaris menyeret satu keluarga pemilik rumah.

"Saat kejadian saya sedang berdiri dan sebelah kaki saya sempat terbawa longsor," ungkap Ocid Suhendar (51) kepada Kompas.com saat di temui di rumahnya, Kamis (9/3/2016)

Beruntung, lanjut Ocid, saat itu dia langsung loncat dan memegang kayu penyangga pintu rumah. Saat itu dia bersama istrinya, Tuminah sedang mendirikan pagar bambu. Sementara anaknya, Deden sedang mandi.

"Istri saya sih enggak apa-apa. Cuma anak saya yang sedang mandi di belakang rumah langsung loncat keluar saat kejadian," tutur dia sambil menunjuk tempat mandi yang sudah porakporanda digerus longsor.

Pada kesempatan itu, Ocid menceritakan kejadian longsor yang terjadi tiba-tiba. Diawali pohon rambutan di belakang rumah tumbang yang diikuti dengan ambruknya kandang kambing dan ayam.

"Beberapa perlengkapan rumah ada juga terbawa longsor, namun enggak tahu tertimbun atau terbawa hanyut Sungai Cibatu. Saya belum nyari, sekarang beres-beres dulu di sini," ujarnya.

Ketua RT 2 Usep Widi Saputra menjelaskan selama beberapa hari terakhir ini di wilayahnya selalu diguyur hujan deras, aliran Sungai Cibatu yang melintas perkampungan juga debit airnya deras.

"Selain dua rumah yang rusak, juga masih ada belasan rumah terancam. Pada tahun 2015 juga ada dua rumah yang tergerus longsor saat musim hujan," jelas Usep.

Dua rumah yang bagian belakangnya tergerus longsor ini dihuni 2 keluarga. Masing-masing Ocid dengan jumlah keluarga 4 jiwa dan Darus dengan jumlah keluarganya sejumlah 7 jiwa.

Lokasi tanah longsor ini jaraknya sekitar 300 meter dari persimpangan di ruas Jalan Raya Cibadak-Cikembar- Palabuhanratu atau Jalan Perintis Kemerdekaan di wilayah Kampung Cibatu. Sedangkan dari ibu kota Kabupaten Sukabumi di Palabuhanratu berjarak sekitar 47 Km.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com