Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kehebohan Masyarakat Indonesia Sambut Gerhana Matahari Total

Kompas.com - 10/03/2016, 07:59 WIB
Farid Assifa

Penulis

KOMPAS.com - Gerhana Matahari Total yang terjadi pada Rabu (9/3/2016) kemarin merupakan fenomena yang sangat langka.

Warga di seluruh Indonesia pun meyambut antusias peristiwa alam ini. Sambutannya pun bermacam-macam, mulai dari shalat dan zikir, hiburan, hingga dijadikan momen untuk melamar kepada sang kekasih.

Di Indonesia sendiri, gerhana matahari total (GMT) melewati sejumlah provinsi, yakni Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Bengkulu, Jambi, dan Bangka Belitung.

Selain itu, GMT juga menyambangi semua provinsi di Pulau Kalimantan (kecuali Kalimantan Utara), Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara.

Kabupaten Mentawai

Di Sumatera Barat, GMT disambut meriah oleh warga Kabupaten Mentawai. Pengamatan GMT dipusatkan di dua lokasi, yakni Pelabuhan Sikakap, Kecamatan Sikakap dan Macaronis Resort di Desa Silabu, Pulau Pagai Utara.

Ismail Zakaria Suasana di Dermaga Pelabuhan Sikakap, Senin (7/3) sore. Kawasan ini akan menjadi salah satu lokasi pengamatan Gerhana Matahari di Kepulauan Pagai, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat.

Pemerintah setempat menyediakan hiburan kesenian, kuliner dan permainan tradisional. Termasuk juga edukasi kepada masyarakat tentang GMT itu sendiri. [Baca juga: Warga Mentawai Antusias Sambut Gerhana Matahari Total]

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com