Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Bali Mandara Tutup Saat Nyepi, Hemat Listrik Sekitar Rp 20 Juta

Kompas.com - 09/03/2016, 13:52 WIB
Kontributor Denpasar, Sri Lestari

Penulis

BADUNG, KOMPAS.com - Tol Bali Mandara tidak beroperasi saat perayaan hari raya Nyepi di Bali, yang jatuh pada 9 Maret 2016. Penutupan tol laut ini diklaim mampu menghemat biaya listrik hingga Rp 20 juta.

"Saat Nyepi Jalan Tol Bali Mandara tutup 24 jam. Untuk penggunaan listrik PJU, kami bisa hemat sekitar Rp 15 juta-Rp 20 juta," kata Rismarture Sidabutar, Direktur Teknik dan Operasional PT Jasamarga Bali Tol, Badung, Bali, Rabu (9/3/2016).

Dia mengatakan, penghematan tersebut didapat dari berkurangnya penggunaan daya listrik untuk lampu jalan (PJU) dan sistem-sistem yang ada di Jalan Tol Bali Mandara. Sebab, walaupun sistem jalan tol tidak total dimatikan, namun lampu penerangan tetap dipadamkan.

Jika ada kendaraan darurat yang lewat tetap diizinkan asal dikawal oleh Pecalang, seperti mobil ambulans maupun kendaraan pribadi yang membawa orang sakit.

Selama Nyepi, PT Jasa Marga Bali Tol tetap menempatkan personilnya untuk berjaga terhadap upaya tindakan kriminal dengan sasaran aset jalan tol seperti pencurian lampu jalan.

Kompas TV Saat Nyepi, Pelabuhan Ditutup 24 Jam

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com