Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anak-anak Ini Bergiliran Pakai Lembar Film Bekas Rontgen untuk Lihat Gerhana

Kompas.com - 09/03/2016, 13:51 WIB
Kontributor Surakarta, Michael Hangga Wismabrata

Penulis

SUKOHARJO, KOMPAS.com - Anak-anak di wilayah Kartasura, Sukoharjo, beramai ramai menonton gerhana matahari total di jembatan penyeberangan dengan menggunakan lembar film bekas rontgen.

Karena jumlahnya terbaatas, mereka satu per satu bergantian memakai lembar film rontgen tersebut. Keinginan untuk menyaksikan gerhana matahari total sempat pudar bagi Rudy dan teman temannya.

Harga yang cukup mahal untuk sebuah kacamata khusus, membuat Rudy berpikir dua kali untuk membelinya. Namun, pada hari Rabu pagi (9/3/2016), Rudy dan sejumlah teman temannya bersyukur bisa bertemu dengan seorang tukang becak yang tengah asyik menonton proses gerhana matahari dengan menggunakan lembar film bekas rontgen.

Rudy dan teman temannya memberanikan diri untuk meminta ijin kepada Maryoto, si tukang becak tersebut, untuk ikut melihat gerhana matahari.

Alhasil, Rudy dan teman temannya pun mendapat kesempatan emas untuk melihat gerhana, meskipun harus bergiliran.

Secarik film bekas rontgen tersebut memberikan membuat Rudy dan teman temannya tidak melewatkan fenomena alam langka tersebut dari atas jembatan penyeberangan Pasar Kartasura.

"Kemarin sempat bingung mas, mau beli kacamatanya mahal, dan katanya kalau mau nonton harus pakai kacamata khusus," kata Rudy kepada kompas.com sembari menunggu gilirannya melihat gerhana.

Dari pantauan Kompas.com, beberapa keluarga di Jalan Adisucipto, Kartasura juga tampak beberapa keluarga menikmati gerhana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com