Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Gerhana, Burung Kuntul Kecil Kembali ke Sarangnya Seolah Hendak Tidur

Kompas.com - 09/03/2016, 11:07 WIB
Rosyid A Azhar

Penulis

GORONTALO, KOMPAS.com — Sekumpulan burung kuntul kecil (Egretta garzetta) menunjukkan respons mereka akan gerhana matahari yang terjadi pada Rabu (9/3/2016) pagi.

Saat bayangan bulan mulai menutupi matahari, sekelompok burung itu terbang meninggalkan Danau Limboto, Gorontalo. (Baca: Dermaga Pendaratan Bung Karno Jadi Lokasi Favorit Pemotretan Gerhana)

Mereka kemudian kembali ke pinggir danau dan bertengger di batang pohon. Suasana Danau Limboto yang terang benderang berubah temaram secara perlahan.

Cahaya matahari tampak redup seperti ketika sore menjelang malam. Ratusan burung kuntul kecil ini hanya diam di ranting-ranting pohon, seperti setiap sore menjelang tidur di pohon yang sama.

"Awalnya, saya lihat sekelompok kuntul kecil terbang. Saya perhatikan mereka diikuti oleh kelompok lain dan ternyata mereka menuju pohon yang berada di belakang desa," kata Idham Ali, fotografer Masyarakat Fotografi Gorontalo, yang saat itu sedang mengabadikan gerhana matahari di Desa Iluta, Batudaa, Kabupaten Gorontalo, Rabu.

Idham Ali menambahkan, kuntul kecil biasa ditemukan sedang mencari makan di Danau Limboto. Burung-burung itu biasanya pulang ke pohon yang seolah menjadi tempat tidurnya menjelang malam.

(Baca juga: Ada Monumen Gerhana Matahari Total di Luwuk).

"Mungkin karena gerhana matahari membuat suasana menjadi gelap, kuntul kecil tersebut mengira sudah menjelang malam. Mereka kembali ke pohon tempat tidurnya," kata Idham.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com