Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakai Film Bekas Rontgen, Anak Instagram Banyuwangi Abadikan Gerhana Matahari

Kompas.com - 09/03/2016, 08:05 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Puluhan anak muda yang tergabung dalam komunitas Instabanyuwangi memanfaatkan hasil rontgen berbentuk film warna hitam untuk mengabadikan gerhana matahari, Rabu (9/3/2016).

Pantauan Kompas.com, mereka sudah berkumpul di Pantai Watu Dodol Banyuwangi sejak pukul 06.00 WIB.

Anak-anak muda itu menggunakan film hasil rontgen yang dipotong seukuran lensa kamera, lalu digunakan sebagai filter agar kamera tidak rusak.

"Memanfaatkan yang ada saja. Ini untuk kamera profesional juga yang kamera ponsel karena kalau langsung diarahkan ke matahari dalam waktu lama bisa rusak nanti kameranya," kata Budi Wahono, salah satu anggota komunitas InstaBanyuwangi kepada Kompas.com, Rabu pagi.

Hasil jepretan mereka akan diunggah ke akun "InstaBanyuwangi" di Instagram dengan hashtag #GMTwatudodol.

Menurut Budi, ini juga salah satu cara untuk mengenalkan salah satu obyek wisata Pantai Watu Dodol di Banyuwangi yang memiliki pemandangan langsung mengarah ke Selat Bali.

Sementara itu, shalat gerhana dilakukan di masjid-masjid di kota tersebut. Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi telah mengeluarkan imbauan agar sekolah mengadakan shalat gerhana di masing-masing sekolah.

Kompas TV Inilah Gerhana Matahari Total di Palu
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com