Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Dua Lokasi Pengamatan GMT di Mentawai

Kompas.com - 08/03/2016, 21:22 WIB
Ismail Zakaria

Penulis

MENTAWAI, KOMPAS.com - Sebagai salah satu daerah yang dilintasi gerhana matahari total (GMT), pemerintah kabupaten kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, menyiapkan dua titik pengamatan. Tidak hanya pengamatan, digelar juga pertunjukan kesenian, kuliner tradisional, permainan tradisonal, dan edukasi tentang gerhana matahari.

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Mentawai Desti Seminora saat ditemui di Desa Silabu, Selasa (8/3/2016) mengatakan, pengamatan akan dilakukan di kawasan dermaga Pelabuhan Sikakap, Kecamatan Sikakap dan di kawasan Macaronis Resort, Desa Silabu, Pulau Pagai Utara.

"Di Sikakap, akan ada senam pagi mulai jam 06.00, dilanjutkan edukasi, lalu sama-sama menunggu proses gerhana matahari total," kata Desti.

Sementara di Desa Silabu, sebut dia, pengamatan akan dilakukan di Teluk Pasongan oleh warga setempat dan turis asing yang menginap di Macaronis Resort. "Turis asing ini bahkan sudah merencanakan datang ke Mentawai untuk melihat gerhana sejak dua tahun lalu," ujarnya.

Desti menambahkan, khusus di Teluk Pasongan, dibangun panggung di atas laut. Di sana, pada Selasa (8/3) malam akan digelar antara lain pertunjukan kesenian, tarian tradisional.

"Tarian tradisional ini merupakan sumbangan dari anak-anak dan ibu warga Silabu. Itu sebagai bentuk antusiasme dan dukungan mereka terhadap pengamatan GMT di Mentawai," kata Desti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com