Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merekam Kegembiraan Menyambut Gerhana Matahari dengan "Live Report" Kompas.com

Kompas.com - 08/03/2016, 19:20 WIB

KOMPAS.com — Masyarakat Indonesia dari berbagai pelosok antusias menyambut gerhana matahari yang akan berlangsung pada Rabu (9/3/2016) besok. Untuk merayakan kegembiraan yang langka ini, Kompas.com sejak Selasa sore ini menggelar live report atau laporan langsung dari para wartawan Kompas.com dan harian Kompas yang bertugas di lapangan. 

Live report berupa teks, foto, dan nantinya video dari KompasTV bisa disimak mulai sekarang di http://lipsus.kompas.com/gerhana/livereport/. Perwakilan dari Indonesia wilayah timur hingga barat telah melaporkan kondisi persiapan di tempat masing-masing.

Di Maba, Halmahera Timur, para peneliti dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) juga bersiap-siap dengan peralatan canggihnya. "Tim peneliti Lapan, NASA, Perancis, dan Universitas Hawaii sekarang sedang siap-siap untuk penelitian," kata Yunanto Wiji Utomo, wartawan Kompas.com dari Maba.

Cuaca di Maba saat ini mendung dan tak mendukung pengamatan. "Seharian ini, Maba mendung. Semua berharap besok cerah sehingga pengamatan dan penelitian gerhana matahari #GMT2016 lancar," kata fotografer Kompas, Heru Sri Kumoro, dalam laporan langsungnya.

Dari Belitung, wartawan Kompas.com, Yoga Takai, juga mengabarkan suasana di sana. Cuaca tampak cerah dan langit berwarna biru.

"Selain turis mancanegara, ada juga fotografer yang sedang menimbang pemotretan gerhana dari Tanjung Tinggi. Pantai Tanjung Tinggi ini menurut dia sangat cantik dan pas buat melihat gerhana nanti," kata Yoga.

KOMPAS/DIONISIUS REYNALDO T Ogoh-ogoh khas Bali meramaikan festival gerhana matahari Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Selasa (8/3/2016).
Namun, pada akhirnya, kata Yoga, "Balik ke soal gerhana, Pantai Tanjung Tinggi tampaknya kurang cocok karena pantainya menghadap barat. Lebih pas untuk sunset." 

Yoga melaporkan, banyak turis mancanegara yang berburu gerhana di Belitung. "Misalnya ada Ginya dan Ilya dari Rusia. Mereka menempuh perjalanan lebih dari 24 jam buat melihat gerhana di sini," kata Yoga.

Dari Belitung Timur, reporter Kompas.com, Wahyu Adityo Prodjo, melaporkan, "Berkunjung ke Rumah Ahok bertemu Bashuri dan ibunda keluarga Ahok. Rencana keluarga, lihat GMT di Beltim."

Fotografer Kompas, Arbain Rambey, juga turut meramaikan live report kali ini.

"Kalau mau motret gerhana dari Kuto Besak besok, datanglah besok pukul 04.00 pagi," kata pengasuh rubrik Klik Arbain di Kompas ini.

Dari Palangkaraya, Kalimantan Tengah, wartawan Kompas, Megandika Wicaksono dan Dionisius Reynaldo T, juga melaporkan persiapan menonton GMT di sana. Di Palangkaraya, acara nonton gerhana diawali dengan sebuah festival.

Dari Mentawai, wartawan Kompas, Ismail Zakaria, juga turut mengabarkan persiapan di sana. Di Sulawesi Tengah, wartawan Kompas yang bertugas adalah Videl Jemali, yang akan mengikuti perayaan gerhana bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Wartawan Kompas, Angger Putranto, dari Lampung, berbagi ilmu soal cara membuat lubang jarum dan kacamata dari kaca las untuk persiapan menonton gerhana matahari. 

Akan ada banyak institusi yang akan menggelar video streaming gerhana matahari di berbagai daerah. "Panasonic akan menggelar livestreaming gerhana ketiga di Ternate tanggal 9 Maret besok. Sebelumnya, Panasonic menggelar livestreaming gerhana di Jepang dan diikuti Australia," kata Didit Erlangga Putra R dari Ternate. 

Kompas.com akan terus melaporkan perayaan gerhana matahari hingga Rabu (9/3/2016) malam. Simak live report dari para wartawan dari lapangan di http://lipsus.kompas.com/gerhana/livereport/. Rayakan juga gerhana matahari dengan berbagi informasi dan gambar di media sosial dengan tagar #GMT2016. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com