Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Mentawai Antusias Sambut Gerhana Matahari Total

Kompas.com - 08/03/2016, 14:52 WIB
Ismail Zakaria

Penulis

MENTAWAI, KOMPAS.com - Warga Kepulauan Pagai, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, antusitas menyambut datangnya gerhana matahari total (GMT) yang akan terjadi pada Rabu (9/3/2016) pagi besok.

Sejumlah warga memastikan hadir ke lokasi acara pengamatan yang akan berlangsung di dermaga Pelabuhan Sikakap.

"Saya tahu tentang gerhana matahari total ikut melewati Mentawai dari televisi. Karena penasaran, rencananya saya akan nonton meskipun sampai saat ini belum memiliki kacamata. Saya berharap nanti sebelum acara, ada kacamata yang dibagikan," kata Fras Haditya Putra (16), warga Sikakap, Pulau Pagai Utara, Selasa (8/3/2016).

Tidak hanya Fras, warga Seai Baru, Pagai Selatan Rosni (55) juga merasakan hal yang sama.

Rosni juga mengetahui adanya gerhana matahari total (GMT) dari televisi. Dia mengaku antusias karena melihat GMT adalah hal langka.

"Ini peristiwa langka, jadi harus ikut. Saya Rabu besok akan bangun pagi-pagi. Tapi sampai sekarang saya belum tahu gimana cara menyaksikan gerhana. Katanya pakai kacamata, tapi belum punya," kata Rosni.

Kepulauan Pagai merupakan salah satu wilayah di Kabupaten Kepulauan Mentawai. Daerah ini berada sekitar 200 kilometer dari kota Padang dan bisa diakses dari Pelabuhan Bungus Padang menggunakan kapal motor penyeberangan (KMP) Ambu-Ambu milik PT Angkutan Sungai Danau, dan Penyebrangan (ASDP) selama 12 jam.

Pada Selasa hari ini, keberangkatan KMP dijadwalkan pukul 16.00.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com