Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

400 Personel Gabungan TNI-Polri Amankan GMT Poso

Kompas.com - 08/03/2016, 13:48 WIB
Mansur

Penulis

POSO, KOMPAS.com - Sedikitnya 400 personel gabungan TNI-Polri mengamankan rangkaian penyambutan gerhana matahari total (GMT) di Desa Kalora, Kabupaten Poso, Rabu (9/3/2016).

Kepala Bagian Operasi Polres Poso, I Gede Suara mengatakan,  400 personel gabungan terdiri dair 300 personek berasal dari Polres Poso dan 100 personel dari unsur TNI Kodim 1307 Poso.

Selain itu,  kepolisian juga melibatkan sedikitnya 100 orang warga kalangan pemuda, tokoh agama, serta tokoh masyarakat.

‘’Selain melibatkan gabungan TNI-Polri,pemuda setempat juga kita berdayakan demi terlaksananya kegiatan ini yang aman ,tertib dan damai,’’kata I Gede Suara, di Poso Selasa (8/3/2016)

Ia juga mengatakan, pihaknya sudah mensterilkan semua akses untuk mengantisipasi gangguan dari kelompok sipil bersenjata, Santoso alias Abu Wardah.

Suara mengatakan, sebelum festival dibuka, tim satuan Gegana Brimob Polda Sulteng akan melakukan sterilisasi hingga 200 meter dari lokasi pelaksanaan pemantauan GMT Kalora tersebut.

"Kita berharap semua berlangsung aman dan tertib. Kita pastikan dari seluruh unsur warga yang dilibatkan bisa sama-sama membantu pengamanan," ujarnya.

Suara menyebutkan, pihaknya juga menjaga seluruh rumah tinggal para tamu, khususnya wisatawan mancanegara yang tinggal di rumah–rumah warga seperti Desa Kawende dan Desa Kalora.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com