Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemukulan Dolo-dolo Tandai Perayaan Gerhana Matahari Total di Ternate

Kompas.com - 06/03/2016, 23:25 WIB
Yamin Abdul Hasan

Penulis

TERNATE, KOMPAS.com - Wali Kota Ternate Burhan Abdurahman bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Maluku Utara, Minggu (6/3/2016) malam tadi dengan resmi membuka rangkaian kegiatan Gerhana Matahari Total (GMT).

Pemukulan dolo-dolo (pentungan) yang terbuat dari bambu secara bersamaan menandai dimulainya rangkaian kegiatan Gerhana Mataharu Total di Ternate.

Burhan mengatakan, ada ribuan wisatawan baik lokal maupun mancanagera yang berkunjung ke Ternate hanya untuk menyaksikan GMT. Untuk menyambut momen ini, Pemkot Ternare pun menyelenggarakan Ternate Tourism Expo yang memamerkan produk lokal serta home industry.

Salah satu yang dipamerkan yakni minuman yang terbuat dari pala. Sebagai daerah yang dikenal sebagai penghasil rempah-rempah sejak dulu, Wali Kota Ternate sangat berharap minuman pala itu bisa dikenal di Indonesia, bahkan mencanegara.

“Saya berharap dapat menjadikan momentum ini untuk meningkatkan berbagai kualitas produk lokal, home industry, karena ini sebagai upaya kita untuk selalu meningkatkan kualitas produk sehingga dapat dikenal dan dipasarkan hingga ke mancanegara,” kata dia.

Kompas Video Memaknai Gerhana Matahari Total 2016
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com