Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Virus Antraks Serang Kabupaten Pinrang, 33 Ekor Sapi Mati

Kompas.com - 03/03/2016, 22:15 WIB
Suddin Syamsuddin

Penulis

PAREPARE, KOMPAS.com — Matinya 33 sapi milik peternak akibat virus antraks di Dusun Pelita, Desa Malimpung, Kecamatan Patampanua, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan, disebut sebagai kejadian luar biasa.

Hal ini dikatakan dokter hewan Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Pinrang, drh I Gede Adika, Kamis (3/3/2016), saat melakukan vaksinasi dan pemeriksaan sapi peternak di Dusun Pelita.

"Kejadian ini saya anggap kejadian luar biasa sebab baru pertama kalinya virus antraks ini menyerang di Kabupaten Pinrang dan langsung membunuh 33 sapi peternak dan menulari ribuan sapi di dua desa, yakni Desa Malimpung dan Desa Padang Loang," kata I Gede Adika.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Veteriner pada Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Pinrang, Haeriyah, menjelaskan, Kamis ini, pihaknya memberi vaksin terhadap ratusan sapi peternak di dua desa di Kabupaten Pinrang.

"Hari ini kita memvaksin ratusan ekor sapi peternak dua desa, yakni Desa Malimpung dan Desa Padang Loang. Semua sapi di dua desa ini terinfeksi virus antraks," kata Haeriyah.

Pihak Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Pinrang terus melakukan upaya pencegahan penyebaran virus antraks ke sapi dan warga dengan cara vaksinasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com