Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kalla Akan Bahas Lumbung Ikan di Atas Kapal Perang

Kompas.com - 03/03/2016, 15:50 WIB
Rahmat Rahman Patty

Penulis

AMBON, KOMPAS.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla dijadwalkan berkunjung ke Maluku untuk membahas masalah lumbung ikan nasional.

Rencananya, Kalla bersama sejumlah menteri dan Gubernur Maluku bersama rombongan akan membahas agenda tersebut di atas kapal perang saat mengunjungi Kepulauan Banda.

“Wapres dijadwalkan akan tiba di Ambon pada tangal 16 Maret mendatang, malamnya kita akan bertolak ke Banda dengan kapal perang,” kata Gubernur Maluku Said Assagaff, Kamis (3/3/2016).

Said menjelaskan, agenda lumbung ikan nasional di Maluku telah dicanangkan pada masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

“Waktu itu ketika beliau berkunjung ke Ambon untuk membuka Musyawarah besar masyarakat Maluku, saya meminta beliau agar dapat membantu kami di Maluku, jadi janji itu ditepati oleh beliau,” katanya.

“Tiga hari lalu sudah ada Paspampres yang datang melaporkan kunjungan ini. Rencana awalnya kita apakai kapal perang, nanti rapatnya di atas kapal,” tambahnya.

Dia mengaku, pembahasan Maluku sebagai lumbung ikan nasional juga akan menghadirkan sejumlah pakar kelautan dan sejumlah ahli di bidang perikanan. Menurut Said, Kalla juga berjanji akan membantu Maluku untuk mengundang investor melirik perikanan di Maluku.

”Agendanya itu membahas lumbung ikan nasional, jadi beliau menanyakan kepada saya Maluku mau produksi 100.000 ton ikan pertahun misalnya itu butuh sarjana perikanan berapa banyak, butuh enegri listrik, butuh investor itu akan beliau undang semua,” ungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com