Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wakil Menteri Pendidikan Timor Leste Studi Banding ke SMK 6 Kupang

Kompas.com - 02/03/2016, 18:29 WIB
Sigiranus Marutho Bere

Penulis

KUPANG, KOMPAS.com - Wakil Menteri Pendidikan II Timor Leste, Augusto De Jesus bersama sejumlah pejabat negera melakukan studi banding ke Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 6 Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (2/3/2016).

Dalam kunjungan yang berlangsung kurang lebih selama dua jam tersebut, Augusto De Jesus yang didampingi Direktur Nasional Sekolah Tinggi Timor Leste Marcelo Caetano, penasehat Wakil Menteri Pendidikan II Timor Leste Joao Baptista dan staf Teknik Pedro Soares menyatakan terkesan dengan proses kegiatan belajar mengajar di sekolah tersebut.

Augusto De Jesus mengatakan, pihaknya menjadikan SMK 6 sebagai tempat studi banding setelah mempelajari sekolah itu melalui situs internet.

“Kami sudah browsing di internet dan mendapati situs SMK 6 Kupang ini. Menurut kami cukup lengkap karena kontennya terisi semua profil dan kegiatan sekolah, termasuk juga proses belajar mengajar sehingga kami pun datang ke sini untuk studi banding,” kata Augusto.

Augusto mengatakan, dengan studi banding ini, pihaknya akan segera membenahi sistem pendidikan di Timor Leste, khususnya SMK yang berkaitan dengan multimedia, sehingga bisa setara dengan SMK yang ada di Indonesia, khususnya di NTT.

“Kami jadikan SMK 6 Kupang sebagai tujuan studi banding karena memang budaya kita sama. Terus terang saja bahwa di Timor Leste fasilitas pendukung kami berupa informasi dan teknologi banyak namun tidak berfungsi secara baik,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMK 6 Kupang, Yonas Hamma mengaku bangga dan terkejut lantaran dikunjungi langsung oleh Wakil Menteri Pendidikan Timor Leste.

“Kami sangat bangga, karena begitu banyak SMK yang ada di Indonesia, hanya sekolah kami saja yang dijadikan sebagai tempat studi belajar. Mereka mengetahui keberadaan sekolah kami melalui website yang baru kami buat pada tahun 2014 lalu,” kata Yonas.

Yonas mengaku, di website sekolah itu, ada sejumlah program keahlian, selain visi misi dan profil sekolah, kemudian berkaitan juga dengan program yang ada pada masing-masing jurusan, baik itu administrasi perkantoran, akuntasi, multimedia, rekayasa perangkat lunak dan TKJ.

Dalam studi banding itu, lanjut Yonas, disepakati sejumlah hal di antaranya akan ada gebyar SMK antara SMK Timor Leste dan SMK di NTT. Kesepakatan itu akan dibuatkan dalam bentuk MoU antara pemerintah Timor Leste dan Dinas Pendidikan Provinsi NTT.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com