Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buwas: Jaringan Narkoba Terbesar Indonesia Dikendalikan di Lapas

Kompas.com - 02/03/2016, 07:08 WIB
Firmansyah

Penulis

BENGKULU, KOMPAS.com - Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komisari Jenderal Budi Waseso mengatakan pengendalian dan jaringan terbesar narkoba di Indonesia justru dikendalikan dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas).

Hal tersebut dikatakan pria yang kerap disapa Buwas ini saat menghadiri penandatanganan ribuan PNS Pemprov Bengkulu, Selasa (1/3/2016) di Bengkulu.

"Jaringan besar itu dikendalikan dari lapas dan mereka beroperasi menggunakan teknologi canggih, ini berarti ada keterlibatan oknum lapas," kata dia.

Buwas mengungkap saat ini 50 persen peredaran narkoba dikendalikan dari Lapas, termasuk dilakukan oleh jaringan Freddy Budiman, terpidana mati narkoba.

"Jika peredaran narkoba di Lapas bisa dihentikan artinya 50 persen peredaran di Indonesia bisa diselesaikan," tambahnya.

Beberapa temuannya di beberapa Lapas, beberapa napi bisa mendatangkan narkoba dari luar negeri.

"Mereka memiliki alat yang canggih. Bandarnya dar Pakistan, barangnya dari Taiwan,lalu narkobanya akan dikirim ke Malaysia," ucapnya.

Kompas TV Petugas Razia Narkoba di Lapas Wanita


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com