Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ke Kanada, Ridwan Kamil Akan Ajak CEO Dunia Berinvestasi di Indonesia

Kompas.com - 01/03/2016, 10:44 WIB
Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil berangkat ke Vancouver, Kanada untuk memenuhi undangan forum CEO dunia selama hampir sepekan.

Ridwan Kamil yang diundang sebagai Wali Kota satu-satunya dari ASEAN, akan mengajak para pengusaha dunia berinvestasi di wilayah ASEAN.

"Saya diundang forum CEO dunia Globe namanya. Ada 500 CEO dunia berkumpul di Vancouver dan ingin berinvestasi di wilayah ASEAN. Saya mewakili tim ASEAN, satu-satunya Wali Kota yang diundang berbicara tentang ASEAN. Di mana setengahnya menggunakan kasus Bandung untuk peta investasi mereka," ucap Ridwan di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalemkaum, Selasa (1/3/2016).

Di Kanada, Ridwan juga akan mempresentasikan tentang peluang bisnis infrastruktur di Indonesia yang menggunakan Public Private Partnership (PPP) alias kemitraan pemerintah dengan swasta.

"Jadi saya akan bicara tentang Indonesia, saya bawa Rp 60 triliun peluang berbisnis infrastruktur Public Private Parternship (di Bandung) dan saya akan cerita bahwa di Indonesia sedang terjadi namanya peluang baru berinvestasi di kota," jelasnya.

"Kalau di Bandung saja butuh Rp 60 triliun dikalikan 500 kota/kabupaten sudah Rp 3.000 triliun. Kan ini orang enggak pernah tahu biasanya investasi itu langsung ke pemerintah pusat," lanjut Emil, sapaan akrabnya.

Upaya itu, lanjut Emil, diharapkan dapat membuka jalan para pengusaha dunia untuk masuk ke peta investasi di Indonesia khususnya di Bandung.

"Jadi poin mereka ada dua satu proyek pemerintah pusat lewat kementerian atau ke Wali Kota/bupati. Pintu lokal ini mungkin tidak terlalu besar seperti proyek kementerian tapi kalau dikali banyak kan besar juga," tuturnya.

Mengenai alasan dia diundang ke acara tersebut, Emil mengaku tidak mengetahui secara pasti.

"Gak ngerti. Jadi (undangan ini) menunjukkan Bandung ini sering diobservasi saya sering berbicara dengan duta besar saya diundang ke forum ADB. Saya mau mencari investor yang mau membantu Kota Bandung yang nilainya Rp 60 triliun," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com