Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Senangnya Anak Saya Lahir 29 Februari meski Ultah 4 Tahun Sekali"

Kompas.com - 29/02/2016, 16:13 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

UNGARAN, KOMPAS.com — Sukacita menyelimuti pasangan suami istri, Fitriyanti (29) dan Yulianto (32), warga Gembongan, Karangjati, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang.

Pasalnya, bayi mereka yang bejenis kelamin laki-laki tersebut lahir pada tanggal 29 Februari, tanggal spesial yang hanya muncul pada tahun kabisat.

Dengan bobot 3 kilogram dan panjang 50 sentimeter, bayi tersebut lahir dengan proses normal di klinik bersalin bidan Jarmini di Perum Ungaran Baru, Desa Leyangan, Ungaran Timur, pada pukul 04.00 WIB.

Menurut Fitriyanti, sesuai hari perkiraan lahir (HPL) dokter, anak ketiganya ini seharusnya lahir pada 23 Februari 2016.

"Rasanya senang anak saya lahir di tanggal kabisat. Enggak nyangka saja, karena HPL-nya tanggal 23 Februari. Jadi mundur hampir sepekan," kata Fitriyanti.

Di klinik yang sama, Novi Kurnia Dewi (30), warga Bukit Leyangan Damai, Leyangan, Ungaran Timur, juga mengalami hal yang sama. Pada pukul 09.40 WIB, anak keduanya yang berjenis kelamin perempuan lahir dengan bobot 3,3 kilogram dan panjang 51 sentimeter.

Dia juga tak menyangka anaknya lahir pada tanggal yang spesial. Sesuai HPL, anaknya akan lahir pada 14 Maret 2016.

"Saya bahkan belum menyiapkan baju-bajunya, karena masih dua minggu lagi perkiraannya. Tapi, ya senang juga meskipun ulang tahunnya harus empat tahun sekali," kata Novi yang bayinya masih berada di inkubator tersebut.

Menurut bidan Jarmini, selama 21 tahun menjalani profesi sebagai bidan, peristiwa kelahiran bayi pada tanggal kabisat jarang dialaminya. Meski dinilai spesial bagi sebagian kalangan, dirinya tidak mempersiapkan sesuatu yang khusus bagi bayi-bayi yang lahir di kliniknya pada tanggal kabisat.

"Tahun ini ada dua yang lahir di kabisat di tempat kita, semuanya normal. Kita tangani sebaik-baiknya, baik itu bayi yang lahir di kabisat atau bukan," kata Jarmini.

Sementara itu, di RS Kusuma Ungaran, juga ada seorang bayi berjenis kelamin perempuan lahir dari rahim Maria Widi Hapsari (35), warga Griya Laras Asri 137, Ngrawan, Kecamatan Bawen, yang lahir pada pukul 04.45 WIB, Senin 29 Februari 2016.

"Lahirnya caesar," kata petugas front office RS Kusuma Ungaran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com