Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baku Tembak Aparat dengan Kelompok Santoso, Satu Teroris Tewas

Kompas.com - 29/02/2016, 13:34 WIB
Mansur

Penulis

POSO, KOMPAS.com — Aparat TNI-Polri yang tergabung dalam pelaksanaan Operasi Tinombala 2016 di Poso, Provinsi Sulawesi Tengah, kembali terlibat baku tembak dengan sekelompok orang bersenjata di wilayah Desa Torire, Kecamatan Lore Tengah.

Peristiwa baku tembak tersebut terjadi pada Minggu (28/2/2016) dengan korban tewas 1 orang.

Korban tewas diduga dari anggota kelompok teroris pimpinan Santoso alias Abu Wardah yang selama ini menjadi target utama pelaksanaan Operasi Tinombala 2016.

Kepala Operasi Daerah Tinombala 2016 Kombes Leo Bona Lubis yang dikonfirmasi via telepon kepada Kompas.com mengatakan, baku tembak itu terjadi dari pukul 18.30 Wita hingga pukul pukul 19.30 Wita.

Menurut Leo, baku tembak tersebut diperkirakan melibatkan 20-30 anggota kelompok Santoso.

"Saya masih di Napu, dan pasukan masih terus melakukan penyisiran. Yang jelas, dari hasil penyisiran yang kita lakukan, ditemukan 1 orang meninggal, diduga dari kelompok teroris. Sementara itu, seluruh pasukan gabungan yang terlibat kontak (senjata) selamat," tutur Leo Bina Lubis.

Dia menambahkan, peristiwa kontak senjata itu merupakan pengembangan dari pengejaran aparat keamanan TNI-Polri pasca-kontak senjata terakhir di wilayah Sangginora, Poso Pesisir Selatan, pada 9 Februari 2016.

Setelah kontak senjata di Sanginora, aparat keamanan TNI-Polri secara berkesinambungan terus melakukan pengejaran hingga akhirnya baku tembak kembali di Lore Tengah yang menyebabkan 1 orang tewas dari kelompok teroris.

"Kontak tembak ini merupakan pengembangan dari upaya kami untuk mengejar kelompok ini pasca-peristiwa di Sangginora," ujar Leo.

Hingga berita ini ditulis, aparat keamanan masih melakukan penyisiran di sekitar lokasi baku tembak di Torire.

Sejauh ini, belum ada keterangan lebih jauh mengenai identitas dari satu pelaku yang tewas itu. Upaya pemindahan jenazah hingga kini juga masih terus dilakukan oleh tim.

Selain medan yang cukup jauh dan berada di tengah hutan, situasi keamanan di sekitar lokasi kontak senjata juga masih terus disterilkan dengan melakukan penyisiran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com