Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/02/2016, 09:00 WIB
KOMPAS.com - Keputusan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil ikut atau tidak dalam Pilkada DKI Jakarta 2017 akan segera diumumkan. Pria yang biasa disapa Emil itu berjanji akan mengumumkan keputusannya pada hari ini, Senin (29/2/2016).

Emil mengaku sudah berkonsultasi dengan belasan tokoh nasional mengenai karier politiknya. Dia juga mendiskusikannya dengan keluarga.

Pada hari Jumat lalu, Emil bertemu dengan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Balai Kota Jakarta. Emil tak menampik bahwa mereka memang membahas politik dalam pertemuan itu.

"Jadi inti ketemu Pak Ahok adalah kulo nuwun (minta izin) belajar program dan Pak Ahok juga tertarik belajar ke Bandung tentang berusaha tapi tidak perlu izin. Sisanya ngomongin politik memang," kata Emil sambil tertawa.

(Baca: Ini Alasan Ridwan Kamil Lebih Pilih Temui Ahok Dibanding Gerindra DKI)

Keesokan harinya, Sabtu (27/2/2016), pejabat yang terkenal aktif di media sosial ini melontarkan pertanyaan "Perlukah saya maju pilgub DKI 2017?" di akun Facebook dan Instagram miliknya.

 

Geng IG pendapatmu bagaimana? *typo dikit maksudnya "perlukah?"

A photo posted by @ridwankamil on Feb 27, 2016 at 5:29pm PST

(Baca: Ridwan Kamil Minta Pendapat Warga Facebook, Perlukah Dia Ikut Pilgub DKI?)

Postingan Emil menuai ribuan komentar. Hingga pagi ini, di akun Instagram-nya saja ada sekitar 29.900 komentar. Di akun Facebook yang terverifikasi miliknya, dalam tiga jam saja, sudah ada 15.000 orang yang memberi komentar.

Suara rakyat

Sebagian besar netizen menjawab "tidak perlu", baik yang berasal dari Bandung maupun dari luar Kota Kembang itu. Mereka berharap, Emil tetap memimpin Bandung.

"Jangan pak. Jangan tergoda sama DKI 1" kata pemilik akun Instagram @haifahardianti.

"Jangan kang, bandung msh butuh akang. Biar bnr2 keliatan perubahan di bandung. plisss sampe 2 periode kang. Beresin bandung kang. Jgn setengah kerjanya." timpal pemilik akun @itsme_soleil.

Tak hanya para netizen, warga Bandung yang ditemui di berbagai tempat di Bandung juga menyatakan harapan yang sama.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com