Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lokasi Prostitusi Paling Banyak Se-Indonesia Ada di Kaltim

Kompas.com - 27/02/2016, 19:52 WIB
Kontributor Samarinda, Gusti Nara

Penulis

KUTAI KARTANEGARA, KOMPAS.com — Menurut data Kementerian Sosial, tempat lokalisasi prostitusi paling banyak terdapat di Kalimantan Timur. Tercatat, ada sekitar 4.000 PSK yang tersebar di 31 zona tempat lokalisasi.

"Sebelumnya, titik terbanyak ini dipegang oleh Jawa Timur. Namun, karena sudah banyak yang ditutup, titik terbanyak nomor satu kini adalah di Provinsi Kalimantan Timur. Untuk itu, 31 titik lokalisasi di Kaltim harus segera ditutup semua,” kata Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa di Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Sabtu (27/2/2016).

Ia menyebut, perputaran uang di bisnis ini sangat besar. Namun, di pihak lain, risiko kesehatan di bisnis itu juga sangat tinggi.

"Angka belanja PSK itu mencapai puluhan triliun rupiah. Besar sekali pengeluran itu. Ditambah lagi, Kaltim tercatat sebagai daerah dengan pengidap HIV/AIDS yang lumayan banyak. Jumlah pengidap mencapai 3.063 orang. Maka, (kawasan) lokalisasi harus segera ditutup,” kata dia. 

Ia mengunjungi Kutai untuk melihat langsung kondisi kawasan lokalisasi Km 10 Loa Janan. Khofifah ingin memastikan proses penutupan tempat lokalisasi ini berlangsung damai.

"Mudah-mudahan, dan saya meyakini, proses penutupan (tempat) lokalisasi di Kaltim tidak menimbulkan gejolak. Penutupan ini memang dilema, tetapi untuk mengembalikan status sosial dan kodrat wanita para PSK, maka harus dilakukan," kata Khofifah. 

Ia mengatakan, pemerintah menargetkan Indonesia bebas tempat lokalisasi prostitusi pada tahun 2019. Hingga saat ini, sudah ada 68 titik lokalisasi di Indonesia yang ditutup. Masih ada 100 titik lagi yang akan ditutup. 

"Nah dari 100 titik itu, (tempat) lokalisasi Km 10 Loa Janan Kukar termasuk yang akan ditutup saat ini," sebutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com