Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Hadapan Santri, Dubes Inggris Sebut Indonesia Negara Penting bagi Dunia

Kompas.com - 24/02/2016, 20:45 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

AMBARAWA, KOMPAS.com - Duta besar Inggris untuk Indonesia, Moazzam Malik mengatakan, Indonesia adalah negara yang penting untuk masa depan dunia.

Hal itu dikatakan Moazazam, di hadapan ratusan santri Pondok Pesantren Edi Mancoro, di Desa Gedangan, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang, Rabu (24/2/2016).

Menurut Moazzam, ada empat alasan kenapa Indonesia amat penting bagi dunia. Pertama, dengan jumlah penduduk lebih dari 250 juta Indonesia adalah negara terbesar ke empat di dunia.

Kedua, keberhasilan Indonesia dalam pertumbuhan ekonomi, yakni tumbuh 6 persen dalam 10 tahun terakhir.

Selanjutnya, Indonesia merupakan negara yang demokratis, penuh toleransi dan mengedepankan pluralisme. Keempat, Indonesia adalah negara dengan jumlah penduduk Islam terbesar didunia.

"Tidak ada negara lain yang bisa diceritakan dengan kata-kata itu," katanya.

Dengan potensi atau keungglan Indonesia dibandingkan dengan negara lain, menurut Moazzam, Indonesia berpeluang aktif dalam mendukung langkah-langkah penanganan permasalahan internasional, seperti pemanasan global, pelemahan ekonomi global, wabah zoonosis (penyakit yang bersumber dari binatang) hingga masalah radikalisme, ekstremisme dan terorisme.

Moazzam mengakui, kerjasama dalam menangani isu internasional cukup penting untuk diatasai oleh semua negara, tak terkecuali dengan negara Indonesia.

"Masalah internasional ini perlu kerjasama dengan negara-negara di dunia. Tidak ada negara yang punya solusi sendiri, yang punya ilmu dan teknologi sendiri. Kita komitmen kerjasama dengan Indonesia," ujar Moazam.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com