Proyek "Cable Car" Bandung Kembali Molor - Kompas.com

Proyek "Cable Car" Bandung Kembali Molor

Kontributor Bandung, Dendi Ramdhani
Kompas.com - 24/02/2016, 19:23 WIB
KOMPAS.com/DENDI RAMDHANI Sejumlah pekerja saat memeriksa contoh cabin cable car di Balaikota Bandung, Jalan Wastikencana, Kamis (29/10/2015). Protipe itu akan dipamerkan di Balaikota untuk mengobati rasa penasaran warga.
BANDUNG, KOMPAS.com - Niatan Wali Kota Bandung untuk memberikan transportasi moderen kereta gantung (cable car) masih menemui jalan terjal.

Proyek tersebut dipastikan kembali molor lantaran terganjal rekomendasi gubernur dan kejaksaan. Izin pembangunan cable car yang semula diwacanakan untuk objek wisata pun ditolak. Pemerintah Kota Bandung terpaksa kembali melakukan tender ulang.

"Jadi hasil kesimpulan dari kejaksaannya ternyata izin pariwisata itu tidak bisa diberlakukan untuk cable car," kata Wali Kota Bandung Ridwan Kamil saat ditemui di Jalan Ir. Djuanda, Rabu (24/2/2015).

Pria yang akrab disapa Emil itu menjelaskan, menurut legal opinion kejaksaan, pembangunan purwarupa cable car mesti dilelang ulang. Padahal, sebelumnya PT Aditya Dharmaputra Persada Development selaku perusahaan yang ditunjuk untuk mengerjakan proyek kereta gantung sepanjang 850 meter itu telah setuju membangun purwarupa secara cuma-cuma.

"Saya minta kan supaya aman jadi tetap dilelang. Tetap prototipe tapi dilelang tidak ada penunjukan langsung," katanya.

Dengan berbagai hambatan, rencana proses peletakan batu pertama pun terancam kembali mundur.

Hal itu pun dibenarkan Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung Didi Ruswandi. Menurut dia, cable car Dago-Cihampelas dipastikan molor karena proses lelang ulang bisa memakan waktu 5-6 bulan.

Namun, tahapan tersebut bisa cepat tuntas jika rekomendasi dari Gubernur Jawa Barat keluar dalam waktu dekat. "Kalau rekomendasi tidak keluar ya bisa gagal. Bentuknya tetap lelang investasi, tidak ada APBD yang digunakan," ujarnya.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisKontributor Bandung, Dendi Ramdhani
EditorErlangga Djumena
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM