Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Gajah Bersihkan Sampah Plastik di Pantai Bali

Kompas.com - 23/02/2016, 12:44 WIB
Kontributor Denpasar, Sri Lestari

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com - Dua ekor gajah sumatera ikut membersihkan sampah plastik di Pantai Mertasari Sanur, Denpasar, Bali. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka Hari Pengelolaan Sampah yang digelar Bali Safari and Marine Park dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA).

"Temanya kali ini sangat menarik. Karena gajah Sumatera memungkinkan bisa bekerja sama dengan manusia, untuk itu dibawa ke arena yang baru (pantai) tanpa membuat masalah dan membantu memungut sampah di sini," kata GM Bali Safari & Marine Park Wiliam Santoso di sela-sela acara bertema "Wisata Cantik Tanpa Kantong Plastik" tersebut, Selasa (23/2/2016).

"Kami memiliki jumlah gajah secara keseluruhan ada 32 ekor, yang dibawa ke sini (Pantai Mertasari) hanya dua ekor," tambahnya.

Gajah betina bernama Teresa dan Murni itu diangkut menggunakan dua truk berukuran besar dari Taman Safari Bali di Kabupaten Gianyar menuju Pantai Mertasari Sanur.

Di pantai berpasir putih itu, satwa tersebut memungut sampah-sampah plastik yang berserakan di sekitar pantai. Dengan belalainya, gajah tersebut mengambil dan meletakkan sampah ke dalam kantong sampah yang telah disiapkan.

"Kami tidak ada pelatihan khusus kepada gajah itu karena mereka sudah bisa bekerja sama dengan manusia khususnya para pawang," kata pawang gajah tersebut.

Gajah juga dianggap lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan baru tanpa menimbulkan dampak lain tidak seperti hewan lain yang lebih sensitif. Kedua gajah itu pernah dilibatkan dalam kegiatan serupa di Pantai Masceti Gianyar.

Direktur Konservasi Keanekaragaman Hayati Bambang Dahono Adji mengapresiasi langkah kedua instansi tersebut yang berpartisipasi bersih pantai bertajuk "Berwisata cantik tanpa plastik" itu.

"Sampah plastik itu tidak mudah terurai sehingga kami mengapresiasi bahwa sudah ada kepedulian," kata Bambang.

Ia berharap bahwa kegiatan ini dapat membangun kesadaran masyarakat untuk peduli kebersihan lingkungan, termasuk mengajak turis asing ikut menjaga lingkungan mengingat Bali merupakan tujuan wisata dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com