Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Merasakan Jadi Wali Kota Bandung, Begini Caranya

Kompas.com - 23/02/2016, 05:15 WIB
Kontributor Bandung, Dendi Ramdhani

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com - Menjadi pemimpin daerah bukan perkara mudah. Setidaknya, itulah pesan yang ingin disampaikan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil dalam sayembara "Andai Aku Wali Kota".

"Andai Aku Wali Kota" merupakan sebuah perlombaan yang pemenangnya bisa berkesempatan menjadi wali kota Bandung selama sehari. Pria yang akrab disapa Emil itu mengatakan, warga bisa mengikuti sayembara itu dengan cara memberikan ide kreatif yang bisa diimplementasikan dalam kegiatan nyata.

"Caranya itu masuk ke iuran.id daftar kayak daftar Facebook kan jadi member tuh, terus rutin ngasih ide memposting, nulis atau apa saja. Nanti ide terpilih hadiahnya adalah sehari menjadi wali kota," kata Emil di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukencana, Senin (22/2/2016).

Dia menjelaskan, sehari menjadi wali kota bukan dalam arti sebenarnya. Melainkan, orang terpilih berkesempatan mengikuti kegiatannya selama sehari seperti seorang ajudan wali kota.

"Disebut sehari menjadi wali kota itu nemenin saya seperti ajudan tapi enggak disuruh-suruh. Dia ikut rapat pimpinan, ikut 'blusukan'," katanya.

Sehingga, lanjut Emil, warga bisa merasakan dinamika menjadi wali kota Bandung yang bekerja dari siang sampai malam. Dia mengatakan, saat ini ada sekitar 300 ide kreatif yang telah masuk. Gagasan itu, kata Emil, akan segera difinalisasi dan disaring.

"Kriterianya idenya keren dan bisa diimplementasikan, jangan yang keren tapi tak bisa diimplementasikan. Akan diumumkan dalam waktu dekat sudah," jelas Emil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com