Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Rumah di Gorontalo Utara Hancur Terkena Abrasi

Kompas.com - 22/02/2016, 15:15 WIB
Kontributor Gorontalo, Rosyid A Azhar

Penulis

GORONTALO, KOMPAS.com – Dua desa di Kabupaten Gorontalo Utara mengalami abrasi parah saat pada musim angin barat tahun ini. Desa Windu dan Topi yang berada di Kecamatan Biawu ini sebagian jalannya sudah "dimakan"ombak.

Musim angin barat puncaknya berada di antara bulan Desember hingga Maret. Angin disertai ombak kencang menghantam pinggiran desa ini.

“Tahun lalu ada 2 rumah yang ambruk dihantam ombak, tahun ini satu rumah yang pondasinya mulai dikikis," kata M Yusuf, warga Desa Topi, Senin (22/2/2016).

Selain merusak rumah warga, ombak juga mengikis jalan akses ke ibu kota kota kecamatan. Bahkan struktur penahan ombak yang dipasang beberapa tahun sebelumnya kondisinya sudah turun.

“Kami berharap pemerintah bisa memberikan solusinya untuk menyelamatkan warga dan aset yang ada di 2 desa ini,” papar M Yusuf.

Pada musim angin barat, ombak tinggi biasa muncul di pesisir utara Provinsi Gorontalo. Peristiwa alam ini merupakan kejadian yang rutin, namun dalam kondisi tertentu bisa lebih besar dari rata-rata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com