Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ubah Wajah Dolly, Risma Libatkan Komunitas Mural

Kompas.com - 21/02/2016, 16:46 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com — Hampir dua tahun setelah kawasan eks lokalisasi Dolly ditutup, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini perlahan mengubah kawasan itu sebagai lokasi wisata. Langkah pertama, Risma mengundang komunitas mural untuk mengubah perwajahan eks kompleks lokalisasi tersebut.

Mereka dibebaskan melukis di berbagai sudut permukiman sesuai tema positif yang akan diusung.

"Saya suka mural, asalkan di tempat yang tepat," kata Risma, saat peresmian wisata eks kawasan lokalisasi Dolly, Minggu (21/2/2016).

Selain terhadap perwajahan permukiman, Risma ke depan juga akan menata lorong jalan dan bekas wisma kompleks lokalisasi.

"Nanti juga ada juga komunitas becak yang disediakan untuk berkeliling di kampung Dolly," tambahnya.

Siang tadi, dua komunitas mural, yakni Surabaya Creative Network dan Gerakan Melukis Harapan, sudah mulai melukis di dinding eks Wisma Barbara, wisma terbesar di eks kompleks lokalisasi Dolly.

Di dinding wisma setinggi enam lantai itu, Risma sempat menorehkan sebuah kata-kata untuk diteruskan oleh pelukis mural.

Hafshoh Mubarok, dari komunitas Surabaya Creative Network, menyebutkan, aksi muralnya didukung oleh puluhan mahasiswa dari 10 kampus di Surabaya, termasuk pemuda eks kompleks lokalisasi Dolly.

"Tema lukisannya sesuai usulan warga eks Dolly sendiri," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com