Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandara Juanda Kembali Dibuka, Lion Air yang Keluar Landasan Sudah Dipindah

Kompas.com - 20/02/2016, 15:07 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Pesawat Lion Air JT-263 rute Balikpapan-Surabaya yang keluar dari landasan pacu Bandara Internasional Juanda telah dipindahkan, Sabtu (20/2/2016) siang. Aktivitas penerbangan pun kembali dibuka.

Manajer Operasional Bandara Internasional Juanda Surabaya Haruman mengatakan, pesawat berisi 215 penumpang itu selesai dipindahkan pada pukul 12.40 WIB, setelah itu dipindah ke hanggar TNI AL.

"Bandara kembali dibuka pada pukul 13.15 WIB tadi," kata Haruman.

Dia memastikan bahwa semua penumpang selamat dan dievakuasi di terminal kedatangan domestik Bandara Juanda.

Ia mengatakan, pada saat kejadian, kondisi cuaca di Bandara Juanda tengah hujan deras sehingga mengganggu pendaratan. Laporan dari pilot, jarak pandang saat itu hanya lima kilometer.

"Roda pesawat terperosok sekitar satu meter dan menancap ke tanah, tapi tidak sampai patah," ujar Haruman.

Akibat peristiwa itu, bandara sempat ditutup beberapa saat. Sejumlah penerbangan menuju ke Bandara Juanda dialihkan ke Bandara Ngurah Rai Bali, diantaranya Citilink dengan nomor penerbangan QG876 dari Pontianak, QG671 dari Manado, dan QG920 dari Batam. Selain itu juga penerbangan Lion Air nomor JT588 dari Jakarta, pesawat JT982 dari Kualanamu Medan, serta JT807 dari Makassar, serta AirAsia Xtra XT393 dari Johor Baru, Malaysia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com