Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berkunjung ke Pontianak, Dubes AS Tawarkan Kesempatan Belajar ke Amerika

Kompas.com - 17/02/2016, 09:34 WIB
Kontributor Pontianak, Yohanes Kurnia Irawan

Penulis

PONTIANAK, KOMPAS.com – Duta Besar Amerika Serikat  untuk Indonesia, Robert Blake menyatakan, negaranya membuka kesempatan seluas-luasnya untuk masyarakat Indonesia, khususnya di Kalimantan Barat yang ingin belajar maupun melanjutkan pendidikan di Amerika Serikat.

Banyak program studi maupun program beasiswa yang ditawarkan, termasuk juga program pertukaran pelajar yang saat ini masih dilakukan dengan pihak perguruan tinggi di Kalbar.

"Kami memberikan kesempatan bersekolah di AS dalam berbagai program. Baik program keguruan maupun sekedar berbagi informasi tentang AS. Banyak sumber yang bisa Anda pelajari tentang kami, lewat website ataupun disini, di American Corner Universitas Tanjung Pura. Anda dapat menanyakan apapun tentang Amerika," kata Robert di Pontianak Selasa (16/2/2016).

Hal tersebut disampaikan Robert saat berkunjung ke perayaan ulang tahun ke empat "Kampung Amerika" di Universitas Tanjungpura.

Robert menambahkan, sangat penting bagi Indonesia untuk mempelajari Bahasa Inggris karena menjadi bahasa pengantar dalam berkomunikasi dengan negara di dunia, termasuk bahasa perdagangan.

Mengingat Indonesia merupakan salah satu negara yang penting di mata dunia dalam ekonomi dan perdagangan, tentunya hal ini menjadi kebutuhan dan menjadi hal serius yang harus diperhatikan.

"Pada saat saya bertemu dengan Presiden Jokowi, saya sudah bertemu dengan Menteri-Menteri yang sebagian besar sangat mementingkan Bahasa Inggris di era globalisasi ini" ujar Robert.

"Apalagi dengan ledakan media dan masuknya Indonesia dalam MEA, AS berharap Indonesia dapat bergabung dalam banyak partnership karena pengusaha-pengusaha internasional akan sangat membutuhkan Indonesia. Dan semua komunikasi ini, bahasa umumnya memakai Bahasa Inggris," tambahnya.

Keseriusan pemerintah AS untuk bekerjasama dengan Indonesia ini, sebut dia, salah satunya dengan bekerjasama dengan Perguruan Tinggi dengan berbagai program.

Rektor Universitas Tanjungpura, Thamrin Usman, menyambut baik dukungan dan kerjasama yang sudah terjalin dengan kedutaan AS. Wujud kemitraan dengan Kedubes berupa Kampung Amerika yang didirikan empat tahun silam, merupakan kebanggaan tersendiri bagi Untan.

"Selain menjadi yang terbaik se Indonesia, Amcor (American Corner) Untan sudah menjadi tempat transit bagi mahasiswa, dosen bahkan masyarakat umum untuk belajar ke negara Amerika" kata Thamrin.

Sementara itu, Director of American Corner  Untan, Stella Prencisca mengatakan pencapaian Amcor  Untan dalam kurun empat tahun sudah melahirkan sebanyak 3.000 program. Di antaranya program seminar dan diskusi yang menghadirkan pakar dari Amerika, pelatihan bahasa Inggris yang fokus kepada keterampilan berbicara baik untuk kalangan profesional dan jurnalis, human library ,dan program lainya.

“Selama ini kita juga telah banyak memberikan konsultasi tentang pendidikan di Amerika baik untuk program pertukaran pelajar, mahasiswa, dosen dan pendidikan lanjutan. Kita juga telah melakukan program kebudayaan misalnya pengenalan budaya Amerika yang bertujuan memotivasi agar mereka tertarik dan semangat untuk sekolah di sana,” ungkap Stella.

Pada tahun 2016 ini akan ada 5 orang yang akan berangkat ke Amerika yang difasilitasi oleh American Corner Untan. Lima orang tersebut terdiri 3 mahasiswa, 1 guru, dan 1 dosen. Selain itu akan ada juga 5 orang lainnya yang sudah masuk nominasi yang akan berangkat ke negeri Paman Sam tersebut.

"Pada tahun-tahun sebelumnya, juga telah banyak memberangkatkan orang Kalbar untuk studi atau melanjutkan pendidikan di Amerika melalui pihaknya" ujar Stella.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com