Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Dia War-V1, Tank Tanpa Awak Buatan Mahasiswa ITS

Kompas.com - 17/02/2016, 06:50 WIB
KOMPAS.com - Minat yang tinggi terhadap dunia militer membuat Bachtiar Duma'is Laksana menghabiskan waktunya selama 2,5 tahun terakhir untuk melahirkan War-V1, sebuah sweeper tank yang bisa dikendalikan dari jarak jauh.

Tank dengan dimensi 1,65 x 1,68 x 1,95 meter ini akan segera diselesaikan oleh Bachtiar sebagai tugas akhir di Institut Teknologi 10 Nopember (ITS).

Seperti dilansir dari situs resmi ITS, mahasiswa jurusan Teknik Elektro ini mengaku sebenarnya sudah memulai proyek tank ini sejak 2,5 tahun lalu bersama rekan-rekannya di BDL Tech, sebuah perusahaan miliknya.

"Lalu saat mendiskusikan judul tugas akhir dengan dosen pembimbing, beliau mengusulkan untuk menggunakan proyek tersebut," katanya.

dok. ITS War-V1, "sweeper tank" buatan Bachtiar Duma'is Laksana, mahasiswa Institut Teknologi 10 November (ITS), yang dapat dikendalikan dari jarak jauh, seperti ditayangkan di situs resmi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), its.ac.id.

Sweeper tank ini, lanjut Bachtiar, bisa digunakan untuk mengirimkan bantuan darat secara diam-diam tanpa membuat keributan secara efektif dan efisien.

Tank dikendalikan dari jarak jauh atau tanpa awak dengan menggunakan remote control demi meminimalisir korban dalam pengiriman bantuan tersebut (Baca juga: Mahasiswa ITS Ciptakan Tank Kendali Jarak Jauh).

Pria kelahiran 5 November 1992 ini mengaku masih ingin mengembangkan tank ciptaannya tersebut. Pasalnya, lantaran masih menggunakan sinyal radio, jangkauan kendali War-V1 hanya sekitar 800-900 meter.

"Jika ada biaya lebih, rencananya akan kami kembangkan menggunakan sinyal wifi sehingga jangkauannya menjadi jauh lebih luas, bisa sampai 6 kilometer. Sekaligus lebih aman karena tidak mudah diretas," ungkap Bachtiar.

Menurut Bachtiar, War-V1 juga dilengkapi dengan pelempar granat dan perlengkapan tempur canggih lainnya.

Bachtiar juga mengaku sudah menawarkan War-V1 kepada pihak TNI. Pria berusia 23 tahun ini sempat memamerkannya ke Kodam VI/SLog Mulawarman, Balikpapan dan Batalyon Kavaleri 8/Tank-Narasinga Wiratama yang bermarkas di Pasuruan.

"Padahal waktu itu masih berupa cetak biru dalam gambar computer-aided design (CAD), tapi tanggapan dari mereka positif," ujarnya.

Saat ini, Bachtiar berharap agar ada dukungan dana untuk menyelesaikan proyeknya ini dan menciptakan tank seri berikutnya.

Bachtiar juga mengatakan, War-V1 akan dipamerkan di kota kelahirannya, Balikpapan, dalam acara Balikpapan Fair, 16 Maret mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com